Ajak Cucu ke Candi Prambanan, Presiden Jokowi Promosikan Wisata Edukasi

January 7, 2023

BRIEF.ID – Presiden  Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Joko Widodo menghabiskan akhir pekan dengan mengajak cucu-cucunya  berwisata edukasi ke Taman Wisata Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Sabtu (7/1/2023).

Di sana, Presiden Jokowi ditemani putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka dan sang istri Selvi Ananda, serta kedua cucu,  yakni Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah. Wisata edukasi Presiden Jokowi dan keluarga kali ini dipandu oleh Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X Kemenristekdikbud Manggar Sari dengan berkeliling sambil menjelaskan sejarah Candi Prambanan.

Saat berkeliling, Jan Ethes tampak memperhatikan setiap penjelasan yang diberikan pemandu wisata mengenai warisan budaya dunia tersebut.

“Ini yang paling besar,” kata Manggar menunjuk Candi Siwa dengan ketinggian 47 meter.

Setelah itu, Presiden Jokowi bersama kedua cucunya masuk ke dalam salah satu candi yang ada di sana untuk melihat lebih dekat relief yang terukir pada candi tersebut.

Sementara itu, para pengunjung tampak antusias melihat kehadiran Presiden Jokowi bersama ketiga cucunya. Mereka bahkan tidak menyangka dapat bertemu dengan Presiden Jokowi di destinasi wisata domestik tersebut.

“Enggak nyangka lagi study tour eh ada Pak Jokowi,” ucap Amelia salah satu pengunjung di sana.

Candi Prambanan merupakan salah satu destinasi wisata dalam negeri yang bisa menjadi alternatif liburan bagi masyarakat.

Presiden Jokowi pernah meminta jajaran pemerintah di daerah untuk menggalakkan pariwisata dalam negeri karena Indonesia kaya akan potensi wisata.

“Sekali lagi, tolong masyarakat diajak. Pak Gubernur, Pak Bupati, Pak Wali Kota, ajak masyarakat untuk berwisata di dalam negeri saja,” ujar Presiden Jokowi dalam acara pengarahan kepada seluruh menteri, kepala lembaga, kepala daerah, pimpinan badan usaha milik negara (BUMN), panglima komando daerah militer (pangdam), kepala kepolisian daerah (kapolda), dan kepala kejaksaan tinggi (kajati) pada bulan September 2022 lalu di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

No Comments

    Leave a Reply