47 Tower Apartemen Senilai Rp 9,4 Triliun untuk ASN, TNI, dan Polri di IKN

January 30, 2023

BRIEF.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pemerintah akan menyiapkan sebanyak 47 tower  yang dibangun menggunakan dana APBN sebesar Rp 9,4 triliun di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.  Apartemen itu akan dijadikan sebagai rumah dinas  bagi aparatur sipil negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang ditugaskan di IKN.

“Apartemen ASN, TNI, dan Polri sudah diputuskan sebanyak 47 tower,  yang akan segera dibangun untuk sekitar 16.900 ASN, TNI, dan Polri. ASN ada 11 ribu orang, TNI-Polri sekitar 5 ribu orang,” kata Basuki  kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/1/2023).

Ia  mengatakan,  Presiden Joko Widodo (Jokowi)  telah  memutuskan bahwa  pembangunan hunian itu akan  dimulai pada Juni-Juli tahun 2023 dan  rampung  pada 2024 mendatang.  

“Apartemen berstatus rumah dinas. Itu yang diputuskan. Nanti setelah itu,  kalau mungkin ada rumah  tapak,  bisa dibeli. Tapi yang ini untuk ASN, TNI, Polri yang didinaskan ke sana,” imbuhnya.

Lebih jauh, Basuki  menjelaskan alasan pemilihan model hunian berupa apartemen adalah agar sesuai dengan konsep hutan kota atau forest city di IKN agar tidak memakan lahan.

“Sesuai  konsep forest city, kalau  enggak  berbentuk  tower, maka  makin menyebar. Ini kan supaya tidak merusak, terlalu banyak memotong hutan,” jelasnya.

Presiden Jokowi, kata Basuki, telah memerintahkan   jajarannya untuk melakukan survei terkait kebutuhan hunian tersebut. Dengan demikian, ASN diharapkan bisa memiliki pilihan antara rumah tapak atau apartemen.

“Harus disurvei dulu siapa yang mau di apartemen, siapa yang mau landed, tadi arahannya Presiden begitu,” lanjutnya.

No Comments

    Leave a Reply