10 Orang Tewas Dalam Penembakan Massal Malam Tahun Baru Imlek di AS

January 23, 2023

BRIEF.ID – Sedikitnya 10 orang tewas dan 10 lainnya luka-luka ketika seorang pria bersenjata melepaskan tembakan  di sebuah kelab malam yang menggelar perayaan Tahun Baru  Imlek  di Kawasan Monterey Park,  dekat Los Angeles, Amerika Serikat, Sabtu (21/1/2023) malam waktu setempat atau Minggu (22/1/2023) WIB.

Sheriff Los Angeles County Robert Luna mengatakan, deskripsi  sangat awal dugaan  tersangka adalah seorang pria keturunan Asia berusia sekitar 30 hingga 50 tahun.

“Kami memanfaatkan setiap sumber daya untuk menangkap tersangka ini, dalam apa yang kami yakini sebagai salah satu kasus paling keji di wilayah ini,” kata Luna seperti dilansir Los Angeles Times,  Minggu (22/1/2023) malam.

Polisi berjaga-jaga di lokasi penembakan Star Dance Studio

Disebutkan, penembakan massal itu terjadi pada perayaan Malam Tahun Baru Imlek 2023,  sekitar tujuh mil sebelah timur pusat kota Los Angeles. Menurut Luna, masih terlalu dini untuk mengatakan apakah festival itu terkait dengan penembakan.

Seorang sumber dari kalangan penegak hukum yang mengetahui peristiwa  penembakan menyebutkan,  pria bersenjata itu menggunakan senapan serbu berkekuatan tinggi dari jarak dekat. Beberapa saksi menggambarkan pelaku menggunakan kendaraan van kargo putih, yang digambarkan  Luna  sebagai “van yang diminati” (van of interest).

Penembakan massal, yang merupakan salah satu peristiwa  terburuk di negara bagian California,  terjadi sekitar pukul 10:22 malam  waktu setempat di Blok 100 West Garvey Avenue,  yang    dikenal sebagai Star Dance Studio.

“Ketika petugas tiba di tempat kejadian, mereka mengamati banyak orang, pelanggan  keluar dari lokasi sambil   berteriak. Saat petugas masuk ke lokasi kejadian, ditemukan adanya korban tambahan,” kata Kapten Sheriff Andrew Meyer kepada wartawan Minggu pagi.

Petugas pemadam kebakaran mengumumkan 10 orang tewas di tempat kejadian, termasuk lima pria dan lima wanita, kata Luna. Setidaknya 10 lainnya dibawa ke berbagai rumah sakit dalam kondisi stabil hingga kritis.

No Comments

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: