Saham Tesla Anjlok, Dipicu Kekhawatiran Penurunan Permintaan di Tiongkok

December 28, 2022

BRIEF.ID – Saham Tesla Inc anjlok 11,4%, pada Selasa (27/12/2022) atau Rabu (28/12/2022) waktu Indonesia,  menyusul laporan Kantor Berita Reuters bahwa Tesla berencana untuk menjalankan pengurangan jadwal produksi pada Januari di pabrik Shanghai yang memicu kekhawatiran penurunan permintaan di pasar mobil terbesar di dunia itu.

Saham Tesla yang jatuh ke level terendah dalam lebih dari dua tahun dan mengalami hari terburuk dalam delapan bulan, merupakan hambatan terbesar pada indeks acuan S&P 500 dan Indeks Nasdaq yang padat teknologi.

Ekuitas perusahaan itu telah kehilangan lebih dari setengah nilainya sejak awal Oktober karena investor khawatir bahwa Twitter mengambil banyak waktu Kepala Eksekutif (CEO) Elon Musk sambil mencemaskan penjualan sahamnya di pembuat mobil listrik itu.

Pemotongan produksi pembuat mobil paling berharga di dunia di pabrik Shanghai terjadi di tengah meningkatnya jumlah infeksi Covid-19 di negara itu.

“Tidak diragukan lagi ada ketakutan permintaan,” kata Ketua Great Hill Capital, Thomas Hayes, mengutip perkiraan pengiriman yang dipotong dari rival China Nio Inc di pasar utama.

Hayes juga menambahkan bahwa saham Tesla menghadapi  badai sempurna  dari suku bunga tinggi, penjualan rugi pajak, dan penjualan saham oleh beberapa dana yang memegang sejumlah besar saham Tesla.

Penjualan rugi pajak adalah ketika investor menjual aset dengan kerugian modal untuk menurunkan atau menghilangkan keuntungan modal yang direalisasikan oleh investasi lain, untuk tujuan pajak penghasilan.

Sementara itu, analisis Reuters menyebutkan bahwa harga mobil bekas Tesla turun lebih cepat dari pada harga mobil buatan lainnya, membebani permintaan kendaraan baru perusahaan yang keluar dari jalur perakitan.

No Comments

    Leave a Reply