Presiden Jokowi Undang  Raja Philippe Mengunjungi Indonesia

December 14, 2022

BRIEF.ID – Presiden  Joko Widodo (Jokowi) secara khusus mengundang Raja Belgia Philippe Leopold Louis Marie mengunjungi Indonesia.

Undangan itu disampaikan Presiden Jokowi dalam  pertemuan dengan Raja Belgia Philippe  di Istana Laeken Brussels, Belgia, Rabu (14/12/2022).

“Saya rasa kedekatan ini menjadi modal penting kemitraan Indonesia-Belgia ke depan,” kata Presiden Jokowi.

Kedatangan  Presiden Jokowi  disambut  Raja Philippe di pintu masuk Istana Laeken,  yang merupakan kediaman resmi keluarga kerajaan Belgia. Setelah melakukan foto bersama,  kedua pemimpin  langsung menuju ruang pertemuan.

Pada pertemuan itu,  Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya atas hubungan kedua negara yang sudah terjalin lebih dari 70 tahun.

“Lebih dari 70 tahun, Belgia menjadi mitra penting dan strategis Indonesia. Sebagai bagian dari Komisi Tiga Negara tahun 1947, Belgia menjadi bagian penting sejarah kemerdekaan Indonesia. Belgia juga salah satu negara Eropa yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia,” kata Presiden Jokowi.

Selain membahas hubungan kedua negara, dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 30 menit tersebut, Presiden Jokowi juga membahas isu penguatan kerja sama ekonomi, dan kerja sama di bidang perubahan iklim.

Mendampingi Presiden Jokowi pada pertemuan itu,   Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

No Comments

    Leave a Reply