Presiden Jokowi: Selamat Datang di Indonesia Presiden Nguyễn

December 22, 2022

BRIEF.ID –  Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyambut dengan hangat kunjungan kenegaraan ke Indonesia yang dilakukan Presiden Republik Sosialis Vietnam Nguyễn Xuân Phúc.

“Selamat datang di Indonesia, Presiden Nguyễn Xuân Phúc dan delegasi,” kata Presiden Jokowi saat membuka pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/12/2022).

Presiden Jokowi secara terbuka mengungkapkan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat kemitraan strategis kedua negara. Selain itu, Presiden Jokowi juga mengajak Presiden Vietnam  memperkuat ASEAN.

“Tahun depan, Indonesia akan menjadi ketua ASEAN. Dukungan Vietnam terhadap keketuaan Indonesia di ASEAN akan sangat dihargai,” ujarnya.

Presiden Jokowi menyambut Presiden Nguyễn Xuân Phúc dalam upacara kenegaraan. Kedua pemimpin juga melakukan penanaman pohon Merawan di halaman samping Istana Kepresidenan Bogor. Pohon Merawan adalah salah satu jenis pohon hutan yang mendominasi hutan hujan tropis di Indonesia.

Mendampingi Presiden Jokowi saat menerima kunjungan kenegaraan Presiden Nguyễn Xuân Phúc, antara lain Menko  Perekonomian Airlangga Hartanto; Menko Polhukam  Mahfud MD,  Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Mensesneg Pratikno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi,  Direktur Jenderal Asia-Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, Abdul Kadir Jailani,  dan Duta Besar RI untuk Vietnam Denny Abdi.

No Comments

    Leave a Reply