Presiden Jokowi Lantik Laksamana Yudo Margono Sebagai Panglima TNI

December 19, 2022

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Laksamana  Yudo Margono  sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022).

Laksamana Yudo  dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 92/TNI/ TAHUN 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI. Ia akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan pensiun, pada 21 Desember 2022.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Presiden Jokowi membacakan sumpah diikuti Laksamana Yudo.

Hadir pada upacara pelantikan, diantaranya  Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menko Polhukam  Mahfud MD dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Laksamana Yudo yang lulus Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1988 mengawali kariernya  di TNI AL sebagai  menjadi bagian KRI YNS sebagai  Asisten Perwira Divisi (Aspadiv) Senjata Artileri Rudal KRI YNS.

Selama karier di TNI AL, Laksamana Yudo dipercaya memimpin berbagai kapal perang. Ia juga diberi mandat menjadi Panglima Komando Armada I (Pangkoarmabar) pada 2018.

Ia juga  pernah dipercayakan menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I pada 2019. Pada awal pandemi Covid-19, Yudo memimpin sejumlah operasi, mulai pemulangan WNI dari China hingga pendirian Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet.

Laksamana Yudo duduk di pucuk pimpinan TNI AL sejak 2020,  menggantikan Laksamana TNI Siwi Sukma Adji,  yang pensiun dari Kepala Staf Angkatan Laut.

No Comments

    Leave a Reply