Presiden Jokowi: Kemitraan ASEAN-UE Harus Berkontribusi Bagi Pemulihan Ekonomi  

December 14, 2022

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, kemitraan ASEAN – Uni Eropa harus berkontribusi positif bagi pemulihan ekonomi secara inklusif dan berkelanjutan.

Disebutkan, di tengah ancaman resesi, Indonesia konsisten mendorong penerapan kebijakan yang memudahkan perdagangan dan investasi.

“Indonesia ingin menekankan bahwa pembangunan yang inklusif dan bernilai tambah akan mendukung ketahanan ekonomi dunia secara berkeadilan. Dalam kaitan inilah Indonesia akan terus membangun industri hilirisasi,” kata Presiden Jokowi  saat berpidato pada sesi pleno KTT Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa (UE) di Gedung Europa, Brussels, Belgia, Rabu (14/12/2022).

Presiden Joko Widodo bersama para pemimpin ASEAN dan Uni Eropa pada KTT ASEAN-Uni Eropa di Brussel, Belgia, Rabu (14/12/2022).

Di hadapan para pemimpin ASEAN dan Uni Eropa, Kepala Negara secara terbuka mengungkapkan bahwa  hanya dengan hilirisasi, Indonesia dapat melakukan lompatan kesejahteraan dan mendorong pembangunan yang lebih inklusif.

Indonesia, lanjutnya akan terus mendorong kemitraan ASEAN-UE untuk membangun masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. Krisis energi, menurut Presiden Jokowi, merupakan sebuah keniscayaan, namun transisi energi harus dilakukan secara berkeadilan.

“Saya menghargai dukungan Uni Eropa terhadap Bali Energy Transition Roadmap yang dihasilkan KTT G20 bulan lalu. Kemitraan ASEAN-UE harus memobilisasi pembiayaan dan alih teknologi ramah lingkungan dan memperkuat ekosistem pengembangan energi baru terbarukan,” katanya.

Ia menyatakan akan terus  mendorong Kemitraan ASEAN-Uni Eropa untuk bekerja sama demi masa depan ASEAN, Uni Eropa, dan dunia yang lebih sejahtera dan berkelanjutan.

“Kerja sama yang didasari prinsip kesetaraan, saling menghormati dan saling menguntungkan,” jelas Presiden Jokowi.

Hadir   mendampingi Presiden Jokowi,  yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

No Comments

    Leave a Reply