Presiden Jokowi: Kejuaraan Dunia Wushu, Jembatan Persahabatan Antarbangsa

December 5, 2022

BRIEF.ID-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-8 di Indonesia menjadi jembatan persahabatan untuk mempererat tali persaudaraan antarbangsa.

“Sebagaimana semangat unity in diversity, ajang kejuaraan ini bukan semata pertandingan. Kejuaraan ini adalah jembatan persahabatan untuk mempererat tali persaudaraan antarbangsa,” kata Presiden Jokowi pada pembukaan Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-8 di  Hall Nusantara ICE BSD City, Tangerang, Banten, Senin (5/12/2022).

Hadir pada acara pembukaan, Menko  Perekonomian sekaligus Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia Airlangga Hartarto, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Vice President International Wushu Federation Anthony Goh, dan Pj. Gubernur Banten Al Muktabar.

Presiden Jokowi juga dianugerahi  Honorary 9th Duan of The International Wushu Federation (IWUF) Grading,  sebuah  penghargaan peringkat tertinggi dari sistem penilaian wushu. Penghargaan  itu diberikan sebagai pengakuan atas dukungan luar biasa dan kontribusi Presiden Jokowi untuk olahraga wushu.

Presiden Jokowi secara khusus  mengajak seluruh atlet untuk berlaga dengan gembira, bertanding secara sportif, dan menunjukkan kemampuan terbaik untuk meraih medali yang diharapkan.

By saying bismillahirrahmanirrahim, today I declare the 8th World Junior Wushu Championships open,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menyambut gembira penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Wushu Junior Ke-8 . Ia secara khusus mengucapkan selamat datang kepada seluruh delegasi yang hadir.

“Saya mengucapkan selamat datang di Indonesia kepada seluruh delegasi wushu dari negara-negara sahabat, dari 60 negara yang mewakili 5 benua,” kata dia.

Ia  berharap kehadiran para delegasi dari 60 negara juga bisa dimanfaatkan  untuk lebih dekat mengenal Indonesia. Sebagaimana semangat Bhinneka Tunggal Ika atau unity in diversity,  ajang kejuaraan ini bukan semata pertandingan, melainkan juga jembatan persahabatan untuk mempererat tali persaudaraan antarbangsa.

No Comments

    Leave a Reply