Presiden Jokowi Bangga Naik Kereta LRT Buatan Indonesia

December 26, 2022

BRIEF.ID – Presiden  Joko Widodo (Jokowi) secara terbuka mengungkapkan rasa  bangganya saat  menaiki kereta Lintas Rel Terpadu atau Light Rail Transit (LRT) karya anak bangsa,  dari Stasiun Harjamukti Cibubur, Depok, Jawa Barat ke Stasiun Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Kepala Negara menyatakan kereta buatan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT INKA (Persero) itu sangat cepat, berkapasitas 420 penumpang,  dan tanpa masinis.

“Mencoba LRT dari Stasiun Harjamukti ke Stasiun Taman Mini ini sepanjang sembilan kilometer dan ditempuh dalam waktu 12 menit,” kata Jokowi, Senin (26/12/2022).

Ia berharap LRT buatan Indonesia itu dilengkapi sistem canggih itu dapat segera beroperasi untuk melayani  penumpang dari Cibubur dengan  melintasi TMII, pada  Juni atau Juli 2023  bersamaan dengan pengoperasian proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

“Ini  baru selesai 87%.  Depo-nya  harus diselesaikan dan hal kecil-kecil yang berkaitan dengan sinkronisasi sistem, yang tadi saya lihat,” kata dia.

Jalur LRT yang melintasi Cibubur dan TMII  adalah jalur LRT Lintas Cibubur. Presiden Jokowi memberikan evaluasi bahwa proyek LRT di DKI Jakarta dan sejumlah kota penyangga ini sudah nyaman, cepat, dan tidak berisik. Saya kira pas belokan saja tadi ada bunyi kecil sekali,” kata dia.

Mendampingi Presiden Jokowi pada kesempatan itu, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

No Comments

    Leave a Reply