Presiden Jokowi Bagikan Bantuan Stimulan Rumah Korban Gempa Cianjur

December 8, 2022

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi  Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat,  Kamis (8/12/2022) untuk menyerahkan bantuan stimulan rumah korban gempa Cianjur.

Presiden Jokowi mendistribusikan  sebanyak 8.100 paket  bantuan dana relokasi untuk masyarakat korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (8/12/2022).  Pemerintah memberikan  dana Rp 60 juta untuk rumah warga yang  rusak berat, rusak sedang Rp 30 juta, dan Rp 15 juta untuk rusak ringan.

“Tadi pagi,  saya sudah  menyampaikan kepada Menteri Keuangan, apakah ada uang atau tidak. Ternyata, ada sedikit sehingga  saya putuskan, yang sebelumnya Rp 50 juta akan menjadi Rp 60 juta, yang Rp  25 juta menjadi 30 juta, dan Rp  10 juta  menjadi 15 juta,” kata Presiden Jokowi di Cianjur, Jawa Barat, Kamis (8/12/2022).

Presiden Jokowi bertolak ke Kabupaten Cianjur menggunakan rangkaian kendaraan darat dari  Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah  posko bencana gempa bumi Badan Intelijen Negara (BIN) di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang.

Tiba pada sekitar pukul 8.50 WIB, Presiden disambut anak-anak dengan nyanyian berjudul manuk dadali. Puluhan anak-anak pengungsi tersebut telah mengikuti kegiatan trauma healing di Posko BIN. Di sini Presiden membagikan makanan dan juga bantuan kepada para pengungsi.

“Makanannya habis enggak ini?” tanya Presiden. “Habis Pak,” jawab anak-anak serempak.

Pada sekitar pukul 9.20, Presiden melanjutkan perjalanan menuju Lapang Tembak Yonif Raider 300, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur.

Di lokasi itu, Presiden Jokowi  menyerahkan bantuan stimulan rumah kepada warga dan ahli waris korban bencana gempa bumi Cianjur beberapa waktu lalu.

Setelah itu, Presiden akan meninjau salah satu lembaga pendidikan yang rusak terdampak gempa bumi yakni SDN 1 Sukamaju di Desa Benjot, Kecamatan Cugenang. Presiden akan kembali ke Jakarta setelah peninjauan tersebut selesai.

No Comments

    Leave a Reply