Presiden Hadiri KTT ASEAN-Uni Eropa di Belgia

December 13, 2022

BRIEF.ID – Presiden  Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Uni Eropa di Brussel, Belgia.

“Pagi hari ini, saya bersama Ibu Negara dan juga delegasi terbatas akan menuju ke Brussel, Belgia untuk  menghadiri KTT ASEAN-UE,  dalam rangka  45 tahun hubungan ASEAN dan Uni Eropa,” kata  Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di Ruang VVIP Bandar Udara Soekarno-Hatta, Banten, Selasa (13/12/2022).

Presiden Jokowi mengatakan,  Uni Eropa adalah mitra dagang ASEAN ketiga terbesar setelah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Amerika Serikat. Total perdagangan ASEAN-Uni Eropa pada tahun 2021 mencapai US$ 268,9 miliar.

Sementara itu, investasi asing langsung atau foreign direct investment (FDI) Uni Eropa ke ASEAN mencapai US$ 26 miliar pada tahun 2021. Uni Eropa adalah sumber FDI terbesar kedua di ASEAN setelah RRT.

“Inilah kenapa terus kita perkuat, terus kita tingkatkan hubungan yang baik antara ASEAN dan Uni Eropa. Juga tentu saja negara kita Indonesia ingin agar perdagangan kita meningkat antara Indonesia dan EU dan juga investasi dari Uni Eropa ke Indonesia juga terus meningkat,” jelas Kepala Negara.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo berpamitan kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjelang keberangkatannya ke Brussel, Belgia, Selasa (13/12/2022).

Pada  lawatannya kali ini, Kepala Negara  akan berada di Belgia kurang dari 24 jam. Setelah seluruh kegiatan di Belgia selesai, Kepala Negara akan langsung pulang ke Tanah Air.

Mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Brussel,  yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Sementara itu, sejumlah menteri telah berada di Belgia yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Tampak melepas keberangkatan Presiden dan rombongan yaitu Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dan Pj Gubernur Banten Al Muktabar.

No Comments

    Leave a Reply