Moeldoko Ungkap Lima Strategi Percepatan Transformasi Digital

December 2, 2022

BRIEF.ID – Kepala Staf Kepresidenan (KSP)  Moeldoko mengungkapkan lima  strategi pemerintah untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia.

“Lima strategi ini merupakan arahan Presiden Jokowi dalam percepatan transformasi digital di Indonesia,” kata  Moeldoko saat menghadiri  Katadata Regional Summit 2022, bertajuk “Digital Transformation Towards Regional Sustainable Development,” di Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Pada kesempatan itu, Moeldoko  menyerahkan penghargaan kepada provinsi yang berhasil menaikkan indeks digital, yakni Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Bengkulu, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Barat, dan Papua Barat.

Moeldoko mengungkapkan,  strategi pertama adalah perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital dari hulu ke hilir.

Kedua, percepatan dan peningkatan layanan internet di lebih dari 12.500 desa/kelurahan dan titik-titik publik di Tanah Air. Ketiga, mempercepat integrasi pusat data nasional.

Keempat, mempersiapkan kebutuhan sumber daya manusia ()SDM digital melalui proses transformasi menyeluruh dan merata.

Kelima, memperbaiki regulasi, skema pendanaan, dan pembiayaan transformasi digital untuk keberlanjutannya.

Ia menekankan transformasi digital telah menjadi bagian penting dalam mengubah lanskap perekonomian Indonesia, terutama saat pandemi Covid-19, di mana terjadi adopsi digital yang sangat pesat.

Hal itu, tercermin pada peningkatan jumlah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang terhubung dengan ekosistem digital, yang mencapai 19 juta UMKM pada Mei 2022 dari  target pemerintah sebanyak 30 juta pada tahun 2024.

Transformasi digital juga sangat bermanfaat bagi reformasi kerja dalam pemerintahan yang membuat pelayanan publik menjadi lebih efektif, menjadikan ekosistem budaya kerja yang adaptif, kolaboratif, dan tertata. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply