KPU Pastikan Pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 Tepat Waktu

December 2, 2022

BRIEF.ID – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari,  memastikan bahwa pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 akan diselenggarakan tepat waktu sesuai aturan lima tahunan.

“Kehadiran Bapak Presiden adalah bentuk dukungan dari pemerintah kepada KPU dan menunjukkan bahwa pemilu akan diselenggarakan secara tepat waktu dalam regularitas lima tahunan,” ujar Hasyim pada Rapat Konsolidasi Nasional dalam rangka Kesiapan Pelaksanaan Tahapan Pemilu Serentak 2024   di Beach City Entertainment Center Ancol, Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Acara bertema “Konsolidasi KPU untuk Meningkatkan Pelayanan Pemilu 2024”  diselenggarakan selama tiga hari hingga  3 Desember 2022.  Hadir pada kesempatan itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Sekretaris Kabinet Pramono Anung,  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo,  dan sekitar 6.341  anggota  KPU  pusat maupun daerah.

Hasyim mengatakan, selama konsolidasi nasional ini KPU akan menyelenggarakan beberapa kegiatan tahapan pemilu, antara lain, verifikasi partai politik, persiapan untuk pemutakhiran daftar pemilih, penataan daerah pemilihan DPRD kabupaten/kota, pembentukan badan adhoc panitia pemilihan tingkat kecamatan, serta persiapan untuk pemutakhiran daftar pemilih.

“Nanti pada tanggal 16 desember mulai penyerahan dukungan bagi bakal calon anggota DPD,” imbuh Ketua KPU.

“Karakter lembaga KPU adalah lembaga layanan terutama untuk melayani dua pihak,” katanya.

Pertama, melayani pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya.

“Kedua, melayani peserta pemilu baik itu partai politik, peserta pemilu perseorangan, Pemilu DPD, pasangan calon presiden-wakil presiden, kemudian pasangan calon gubernur/bupati/wali kota dalam pilkada, untuk melakukan kompetisi yang fair di dalam pemilu dan pilkada,” kata Hasyim.

No Comments

    Leave a Reply