KPU Bantah Ada Instruksi Tak Loloskan Partai Ummat Sebagai Peserta Pemilu 2024

December 29, 2022

BRIEF.ID – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari membantah adanya instruksi dari pejabat KPU kepada KPUD untuk tidak meloloskan Partai U, yang dikaitkan dengan Partai Ummat, sebagai peserta Pemilu 2024.

Isu instruksi tak meloloskan Partai Ummat berdasarkan rekaman yang tersebar di publik.

“Nggak ada instruksi. Jadi kalau Partai Ummat itu ya seperti di NTT misalkan, ada pengurusnya yang menyatakan buat surat pernyataan bahwa dirinya sudah nggak sanggup lagi untuk melakukan verifikasi faktual,” ujar Hasyim di kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (29/12/2022).

Seperti diberitakan, beredar rekaman dugaan percakapan instruksi dari pejabat KPU kepada KPUD untuk tidak meloloskan Partai U sebagai peserta pemilu 2024. Dalam rekaman percakapan yang beredar, terdengar seseorang bertanya terkait perintah verifikasi partai politik.

Hasyim mengatakan KPU telah melakukan mediasi dengan Partai Ummat di Bawaslu. KPU dan Partai Ummat, lanjutnya, buka-bukaan data mengenai hasil verifikasi Partai Ummat.

“Ketika kita melakukan mediasi antara KPU dan Partai Ummat di Bawaslu kan kita buka-bukaan data dan hasil verifikasinya itu untuk keanggotaan jumlah yang memenuhi syarat (MS) lebih banyak dalam catatan KPU dari pada catatannya Partai Ummat,” jelas Hasyim.

Hasyim mengatakan tuduhan untuk tidak meloloskan Partai Ummat, tidak sesuai fakta yang ada. KPU memiliki data yang valid terkait hasil verifikasi Partai Ummat.

“Jadi kalau ada tuduhan menggagalkan dan seterusnya itu, ini narasinya siapa? Karena faktanya nggak begitu. Bisa tanya sama Partai Ummat hasil verifikasi keanggotaan yang memenuhi syarat dalam catatannya KPU dengan catatan Partai Ummat. Dalam catatannya ketika dicocok-cocokkan ada KPU yang di dua tempat Sulawesi Utara maupun Nusa Tenggara Timur. Faktanya begitu,” katanya. (Detik.com)

No Comments

    Leave a Reply