Jelang Pernikahan Kaesang-Erina, Presiden Mohon Doa Restu Sekaligus Minta Maaf

December 9, 2022

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo memohon doa restu kepada masyarakat agar prosesi pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Kepala Negara juga secara khusus meminta maaf kepada masyarakat yang terganggu aktivitasnya akibat prosesi pernikahan Kaesang-Erina, di Solo dan Yogyakarta.

“Kami sekeluarga memohon doa restu kepada masyarakat agar prosesi selanjutnya, baik itu midodareni maupun besok, ijab kabul, dilanjutkan tasyukuran di Pura Mangkunegaran, semuanya bisa berjalan dengan baik,” kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers usai melakukan prosesi pemasangan bleketepe di kediaman pribadinya di Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022).

Pada kesempatan itu, hadir pula Kaesang Pangarep dan Bobby Nasution.

Presiden Jokowi mengatakan, setelah prosesi siraman, selanjutnya akan diadakan malam midodareni, diikuti ijab kabul pada Sabtu (10/12/2022) di Yogyakarta, dan tasyukuran di Pura Mangkunegaran Solo.

“Dan, sekali lagi kami ingin memohon maaf yang sebesar-besarnya
apabila dalam prosesi ini, yang dimulai dengan siraman, sampai tasyukuran di Pura Mangkunegaran ada yang terganggu kenyamanannya.
Kami sekeluarga memohon maaf yang sebesar-besarnya, utamanya masyarakat Yogyakarta dan Kota Solo,” kata Presiden Jokowi.

Ia mengatakan, saat melakukan upacara siraman telah berpesan kepada Kaesang, yang intinya sebagai orang tua mendoakan agar Kaesang dan Erina menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah.

“Intinya kita sebagai orang tua mengharapkan dan juga mendoakan agar keluarga Mas Kaesang dan Mbak Erina ke depan bisa menjadi keluarga sakinah, mawaddah, dan warahmah,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, keluarga terharu saat melakukan acara siraman, khususnya Kaesang dan Ibu Iriana.

“Mas Kaesang menangis. Nangis, nangis tadi. Nangis senang. Bahagia. Ibu Iriana juga nangis, trus Mas Kaesang ikut nangis. Mas Bobby juga nangis tadi,” jelas Presiden Jokowi.

Dikatakan, rencananya selesai melakukan shalat Jumat akan langsung berangkat ke Yogyakarta untuk persiapan acara midodareni, nanti malam.

“Nanti shalat Jumat setelah itu ke Yogyakarta untuk persiapan nanti malam,” kata Presiden Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply