Jelang Pernikahan Kaesang-Erina, Presiden Jokowi Pasang Bleketepe

December 9, 2022

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo memasang bleketepe di pintu gerbang kediamannya  menjelang prosesi siraman putra bungsu pasangan itu, Kaesang Pangarep, Jumat (9/12/2022).

Mengenakan beskap warna pink yang dipadu dengan kain batik dan blankon bernuansa cokelat, Presiden Jokowi dengan sangat hati-hati memasang bleketepe di pintu gerbang kediamannya.

Bleketepe yang dipasang terbuat dari anyaman daun kelapa yang masih hijau,  sebagai bentuk kesiapan pihak keluarga Presiden Jokowi memulai rangkaian sakral  sekaligus simbol penyucian lokasi pernikahan atau tolak bala.

Setelah pemasangan bleketepe, dilanjutkan prosesi adat tuwuhan yang dilakukan Ibu Iriana. Tuwuhan adalah peletakan tumbuh-tumbuhan di pintu masuk acara hajatan.

Pada kesempatan itu, tumbuhan yang dipasang adalah setandan pisang raja dan padi, dengan harapan sang anak memiliki jiwa matang sekaligus cepat memperoleh keturunan

Selesai melakukan prosesi adat, Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana beserta anak-anak, cucu, dan menantu memasuki ruang acara.

Hadir pada kesempatan itu, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi , Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto.

No Comments

    Leave a Reply