Jelang Nataru, Pemerintah Intensifkan Operasi Pasar

December 9, 2022

BRIEF.ID – Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) atau National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi mengatakan, pemerintah akan mengintensifkan operasi pasar dan menggelar pangan murah menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Operasi pasar akan digelar setiap pekan di seluruh Indonesia.

Kebijakan itu ditempuh berdasarkan kesepakatan  pemerintah bersama Kementerian/Lembaga (K/L) dan para kepala daerah.

“Kami pastikan, sampai dengan Nataru akan banyak  operasi pasar dan kegiatan pasar murah. Khusus di Jakarta  ada 5 lokasi atau beberapa lokasi yang kami siapkan.  Setiap minggu  akan ada seperti itu,” kata  Arief  saat mengunjungi sebuah ritel modern di Jakarta Barat, Kamis (8/12/2022).

Arief mengatakan, operasi pasar dan pasar murah dilakukan di berbagai daerah di Tanah Air untuk menciptakan  stabilisasi harga pangan dan kebutuhan pokok lainnya. Ia memastikan bahwa  melalui kegiatan operasi pasar dan pasar murah masyarakat akan mendapatkan harga bahan pangan yang ideal mengingat biaya distribusi dan penyewaan tempat ditanggung  pemeirntah.

“Jadi nanti  masyarakat selaku konsumen  silahkan hadir di lokasi pasar murah. Harganya pasti baik. Sebab distribusi dan penggunaan tempat difasilitasi  Bapanas,” kata dia.

Setiap pekan, Bapanas berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomi (Kemenko Perekonomian) untuk menjaga stabilitas ketersediaan stok serta harga pangan. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian  telah mengeluarkan kebijakan yang  mendukung stabilisasi harga pangan jelang Nataru, diantaranya penggunaan sebesar 2% dari total Dana Transfer Umum (DTU).

No Comments

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: