Jalani Prosesi Siraman, Kaesang Sungkem hingga Digendong Jokowi

December 9, 2022

BRIEF.ID – Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep melanjutkan rangkaian prosesi pernikahannya dengan Erina Gudono, Jumat (9/12/2022). Kaesang menjalani prosesi siraman di kediaman, Sumber, Kota Solo, Jawa Tengah dan Erina di kediaman di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Prosesi diawali dengan pemasangan bleketepe oleh Presiden Jokowi di depan kediaman. Setelah itu, pada sekitar pukul 08.15 WIB, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di lokasi sungkeman. Kaesang kemudian bersimpuh di hadapan kedua orang tuanya.

Tak lama berselang, Kaesang bersama kedua orang tuanya berjalan menuju kediaman Sumber. Tampak mengiringi keluarga kedua kakak Kaesang, yakni keluarga Gibran Rakabuming Raka dan keluarga Kahiyang Ayu.

Setibanya di kediaman, prosesi siraman dimulai dengan diawali oleh penerimaan air dari tujuh sumber mata air dari calon pengantin wanita yang diterima oleh Gibran selaku perwakilan keluarga.

Tujuh sumber mata air tersebut yaitu Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan Kediaman Solo.

Selanjutnya, ketujuh air tersebut disatukan dalam satu tempat untuk digunakan dalam prosesi siraman. Jokowi didampingi Iriana kemudian memberikan siraman pertama kepada Kaesang.

Tampak sejumlah tamu dan keluarga turut memberikan siraman dan doa restu yaitu Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto, Idong Setyo Husodo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, dan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Selepas itu, Jokowi kemudian memotong rambut Kaesang, dilanjutkan dengan prosesi menggendong anak bungsunya tersebut. Jokowi juga memberikan suapan terakhir kepada Kaesang Pangarep yang sekaligus mengakhiri rangkaian prosesi siraman.

No Comments

    Leave a Reply