Hari Ibu 2022, Mensos: Jangan Ada Anak Telantarkan Orang Tua

December 22, 2022

BRIEF.ID – Dalam momentum  memperingati Hari Ibu Tahun 2022, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini  mengharapkan agar tidak ada lagi anak yang menelantarkan orang tuanya, terutama ibu.

Sebab, ibu adalah figur yang telah memperjuangkan kehidupan anak, mulai dari dalam kandungan, dan seterusnya setelah lahir ke dunia.

“Pelajaran ini saya harap diajarkan kepada seluruh kaum ibu di Indonesia supaya tidak ada lagi, anak menelantarkan orang tuanya. Tidak ada lagi anak menyerahkan pengasuhan orang tua ke lembaga-lembaga. Kami berharap seperti itu,” kata Mensos di Kabupaten Klungkung, Bali, Kamis (22/12/2022).

Ia  mengatakan seorang ibu telah diberikan kekuatan luar biasa oleh Tuhan, sehingga bisa merawat anaknya hingga menuju kesuksesan. Selain  merawat anak, katanya, banyak kaum ibu juga bekerja di luar rumah.

Di sisi lain,  Mensos mengingatkan agar para ibu tidak lupa akan kewajibannya sebagai seorang perempuan. Tema perayaan Hari Ibu Tahun 2022 adalah “Perempuan Berdaya.”

Menurut Mensos, perempuan berdaya bukan sekadar menjadi pegawai atau karyawan.

“Berdaya menurut saya adalah bagaimana membimbing anak-anak kita supaya kehidupannya terarah. Anak-anak kita bisa rasakan kasih sayang orang tuanya. Itu memang berat,” katanya.

Meski berat, lanjut Mensos, bukan berarti hal itu tidak bisa dilakukan. Hal itu  ia refleksikan saat anaknya masih kecil, dia harus memasak dari pukul 03.00 agar anaknya bisa makan saat ia juga harus bekerja.

“Itu memang berat, tapi bukan tidak bisa. Sebetulnya Tuhan itu memberikan kekuatan kepada kaum perempuan, kaum ibu,” kata Mensos.

No Comments

    Leave a Reply