Hadiri Perayaan Natal, Wapres: Mari Rawat Kerukunan dan Toleransi

December 2, 2022

BRIEF.ID – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menghadiri perayaan Natal bersama pemerintah kabupaten, TNI/Polri, dan masyarakat yang diselenggarakan di Lapangan Cenderawasih Kota Biak, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, pada Kamis (1/12/2022).

“Hari ini, tanggal 1 Desember 2022  dari Lapangan Cenderawasih, saya mengucapkan selamat menyambut Hari Natal 2022 kepada semua umat Kristiani di Tanah Papua maupun di pelosok Tanah Air,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Wapres mengatakan, Hari Natal adalah momen yang penuh suka cita, sekaligus momen untuk menebarkan cinta kasih, harapan, dan perdamaian.

“Saya apresiasi yang tinggi untuk masyarakat Papua. Ajaran, kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri, menjadikan nilai kasih mampu melewati batas-batas perbedaan,” kata Wapres.

Tanah Papua, lanjut  Wapres, adalah wajah Indonesia mini yang majemuk dan di tempat ini merupakan daerah yang paling toleran.

“Marilah kita rawat kerukunan, toleransi, dan kepedulian sebagai wujud kesadaran dan usaha kita bersama untuk hidup saling menghormati satu sama lain. Dari Pulau Biak ini, sebarkan cinta kasih, persaudaraan, persatuan dan pesan perdamaian untuk Indonesia,” kata Wapres.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat menghadiri perayaan Natal di Biak, Provinsi Papua

Pada kesempatan itu,  Wapres  mengajak seluruh elemen bangsa  untuk melayani pembangunan dengan penuh kejujuran dan ketulusan.

“Kita sedang menghadapi era percepatan pembangunan di Tanah Papua, sebagaimana pesan Pendeta Izaac Samuel Kijne,  Barang siapa yang bekerja di tanah ini dengan setia, jujur, dan dengar-dengaran, maka ia akan berjalan dari tanda heran satu ke tanda heran yang lain,” kata Wapres.

Pendeta Izaac Samuel Kijne adalah misionaris yang lahir di Belanda dan menjadi  kepala sekolah di Manokwari pada tahun 1923. Kijne berupaya memperbaiki kualitas pendidikan dan hidup  orang Papua.

“Sekali lagi, selamat dari Bibir Lautan Pasifik,  saya ucapkan selamat merayakan Hari Natal 2022, untuk semua Umat Kristiani di mana saja berada,” kata Wapres.

Sementara itu,  Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap mengatakan kabupaten Biak adalah kabupaten dengan tingkat toleransi tertinggi di Indonesia sesuai yang dirilis Kementerian Agama.

“Kabupaten Biak Numfor cinta NKRI dan kebhinekaan, kami terus tunjukkan sebagai wajah Indonesia di beranda Indonesia di Pasifik itulah Biak Numfor dan wilayah Saereri yang selalu berada bersama-sama di Papua dan Indonesia bagian Timur,” kata Herry.

Herry  meminta dukungan Wapres agar Saereri sebagai wilayah adat yang dihuni oleh suku-suku di  utara Provinsi Papua Tengah dan wilayah Kepulauan di

Provinsi Papua,  termasuk Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Supiori, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Nabire, dan Kabupaten Waropen dapat menjadi tempat pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih Tahun 2023.

“Momentum ini jadi berkat untuk rakyat Saereri dan diperkuat Bapak Wakil Presiden agar kami,” katanya. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply