DIY Siap Menjadi Tuan Rumah ASEAN Tourism Forum 2023

December 19, 2022

BRIEF.ID – DIY akan menjadi tuan rumah ATF (ASEAN Tourism Forum) 2023. Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji, mengungkapkan kesiapannya dalam acara Regol (Rerasan Golek Solusi) di Paniradya Kaistimewaan, Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (16/12). 

Aji dalam pemaparannya mengatakan DIY dipilih menjadi tuan rumah ATF 2023 ini karena diakui memiliki komitmen yang luar biasa, mulai dari ekosistem pariwisata serta sektor industrinya yang sudah sangat guyub. Selain itu juga dianggap sangat pantas dan siap oleh para petinggi ATF di Jakarta. Mulai dari keramahannya, pelayanan yang baik, serta banyaknya destinasi wisata yang ada di Jogja. Sehingga dirasa mampu untuk mendorong kelancaran kegiatan ATF 2023 ini. “Jogja itu memang siap, mulai dari keramahannya, pelayanan yang baik, dan destinasi wisatanya. Oleh karena itu, jangan sampai kita mengecewakan pemerintah,” imbuh Aji. 

Aji juga mengungkapkan persiapan yang sudah dilakukan pemerintah daerah untuk kegiatan ATF ini mulai dari infrastruktur sampai dengan memberikan edukasi kepada masyarakat DIY. Acara Regol ini menjadi salah satu upaya pemerintah daerah untuk mengedukasi dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat. 

Selain itu, pemerintah daerah juga menyiapkan bagaimana masyarakat nanti dapat menikmati kegiatan ATF ini. Sehingga dari kesiapan yang sudah dilakukan ini akan memberikan kenyamanan serta kepuasan bagi para tamu khususnya dan masyarakat pada umumnya. Dalam kegiatan ATF 2023 ini para tamu juga akan diajak berkunjung ke destinasi wisata yang ada di Jogja. Tidak hanya pariwisata alam, tetapi juga budaya serta adat istiadat di Jogja. 

“Melalui kegiatan ATF ini harapannya banyak manfaat dan keuntungan yang didapatkan oleh Jogja serta dapat menjadi contoh bagi provinsi lain maupaun negara lain, bahwa Jogja dapat melaksanakan kegiatan ATF 2023 ini dengan sangat baik,” tegas Aji. 

Di sisi lain, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah DIY GKR Bendara, mengungkapkan ATF 2023 ini menjadi kesempatan yang sangat baik bagi Pemerintah Daerah DIY. Mengingat bahwa ATF ini merupakan usaha regional untuk mempromosikan kawasan ASEAN sebagai satu destinasi wisata. Kegiatan ATF ini melibatkan semua sektor industri pariwisata dari 10 negara anggota ASEAN.  

Sejalan dengan hal tersebut, promosi yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah yakni berkolaborasi dengan dinas pariwisata di 5 kabupaten/kota di DIY. Dalam hal ini lebih mempersiapkan masyarakat DIY untuk menjadi tuan rumah ATF tahun 2023. “Masyarakat harus menjaga keramahan, kebersihan lingkungan, keamanan, serta jauh dari hal-hal yang negatif, dan diharapkan masyarakat DIY diawal tahun 2023 harus mulai demam ATF,” ungkap GKR Bendara.  

Pada acara Regol tersebut juga dihadiri oleh Paniradya Pati Kaistimewaan DIY Aris Eko Nugroho dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo Joko Mursito. Sebagai informasi, kegiatan ATF ini akan dilaksanakan pada tanggal 2-5 Februari 2023 dengan mengusung tema “ASEAN: A Journey to Wonderful Destinations”. 

No Comments

    Leave a Reply