Dasco: Sandiaga Uno Bukan Menteri Asal Gerindra

December 30, 2022

BRIEF.ID – Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan bahwa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang akrab disapa Sandi bukan menteri dari Partai Gerindra.

Dasco menyatakan,  Sandiaga Uno  menempati posisi menteri pada Kabinet Indonesia Maju (KIM) karena berasal dari kalangan profesional.

“Sandiaga Uno bukan menteri dari Partai Gerindra. Pak Jokowi menempatkan Sandiaga Uno dari kalangan profesional,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (29/12/2022).

Ia mengatakan,  jika Sandiaga Uno pindah ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP), maka tidak akan mempengaruhi pos-pos Partai Gerindra di Kabinet Indonesia Maju.

Sebab,  komposisi kabinet yang berasal dari Partai Gerindra adalah Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Menteri yang berasal dari Partai Gerindra hanya dua yaitu Kementerian Pertahanan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan,” ujarnya.

Terkait apakah akan ada perombakan kabinet setelah kepindahan Sandiaga Uno ke PPP, Dasco menyerahkan urusan tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Perombakan kabinet, lanjutnya, merupakan hak prerogatif Presiden sehingga menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Dasco mengungkapkan bahwa Sandiaga Uno akan pindah ke PPP. Namun, disebutkan  bahwa hingga saat ini belum ada surat pengunduran diri dari Sandiaga Uno.

“Kita tunggu saja nanti rilis dari PPP atau rilis dari yang bersangkutan (Sandiaga),” kata Dasco.

Secara terpisah, Sandiaga Uno menegaskan masih tetap kader Partai Gerindra sekaligus menepis kabar menyeberang ke PPP. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply