Awal Januari 2023, PM Anwar Ibrahim Berkunjung ke Indonesia

December 31, 2022

BRIEF.ID –  Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim dijadwalkan akan berkunjung ke Indonesia untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden  Joko Widodo (Jokowi) pada awal Januari 2023.

“Perdana Menteri Anwar Ibrahim berencana untuk melakukan kunjungan bilateral yang pertama, yaitu ke Indonesia pada awal bulan Januari 2023,” kata Menlu usai mendampingi  Presiden Jokowi  menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Malaysia Zambry Abdul Kadir di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (30/12/2022).

Kunjungan kehormatan kepada Presiden Jokowi merupakan rangkaian lawatan Menlu Malaysia itu ke Indonesia setelah pada Kamis (29/12/2022) melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Retno Marsudi.

“Kemarin sudah bilateral dengan saya, sekarang kunjungan kehormatan kepada Bapak Presiden karena menyampaikan beberapa pesan dari Perdana Menteri Anwar Ibrahim,” jelas Menlu.

Menlu menyatakan telah membahas bersama Menlu Malaysia mengenai persiapan dan keseluruhan agenda pertemuan bilateral Presiden Jokowi dan PM Anwar Ibrahim.

Anwar Ibrahim pada 24 November 2022 menjadi Perdana Menteri Malaysia ke-10.  Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Al Sultan Abdullah telah menyetujui untuk mengangkat Anwar Ibrahim selaku anggota Parlemen Tambun sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-10, setelah menyempurnakan pandangan melalui pertemuan dengan raja-raja Melayu.

Hal itu sesuai dengan kewenangan Yang di-Pertuan Agong yang diatur dalam Pasal 40 (2) (a) dan Pasal (43) (a) Konsitusi Federal. Yang di-Pertuan Agung Sultan Abdullah pada 24 November 2022 menghadiri dan memimpin musyawarah khusus dengan raja-raja Melayu di Istana Negara, dan menanyakan proses pengangkatan Perdana Menteri baru setelah Pemilihan Umum ke-15, 19 November 2022 lalu.

No Comments

    Leave a Reply