Sandiaga Uno: Subsektor Fesyen Ciptakan 2 Juta Lapangan Kerja

November 20, 2022

BRIEF.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan,  subsektor fesyen menciptakan lapangan pekerjaan sekitar dua juta dari seluruh rangkaian rantai pasok ekosistem fesyen.

“Subsektor fesyen masih menjadi andalan ekspor ekonomi kreatif Indonesia dengan nilai kontribusi sebesar 61,6%, sementara peringkat kedua diisi subsektor kriya sebesar 30,95%, dan ketiga subsektor kuliner 6,76%,” katanya saat menghadiri Fashion Show Scraf Media di Nusa Dua, Bali, menurut keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (19/11/2022).

Sandiaga mengapresiasi penyelenggaraan Scraf Media Fashion Show yang menunjukkan betapa besarnya potensi fesyen Tanah Air, khususnya modest fesyen.

Scraf Media Fashion Show dinilai melambangkan besarnya potensi industri modest fesyen Indonesia dan diharapkan dapat menjadi wadah kelahiran gagasan baru pengembangan industri modest fashion Indonesia.

Indonesia, lanjutnya, tidak hanya menjadi pasar,  juga menjadi pemain kunci dalam industri modest fashion dunia. Bahkan, Scraf Media  membuka Scraf Media Store untuk mempublikasikan gaya hidup

halal, modest fashion hingga home living. Scraf Media Store berisikan 12 jenama dari beberapa daerah yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Bangka Belitung, dan Bali.

“Kami sangat mendukung untuk memulai suatu lembaran baru agar di bawah Scraf Media, Gerakan Ekonomi Kreatif, dan kolaborasi dengan pemerintah, kita bisa menjadi juara dunia. Bukan hanya juara kandang tapi kita juara dunia,” ujar dia.

Pada kesempatan itu, Sandiaga juga menyampaikan bahwa gerai planogram yang dikelola Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Bali Collection berhasil meraih penjualan di atas Rp 20 miliar.

“Untuk planogram, kami memberi update bahwa setelah G20 ini akan diperpanjang, Ternyata, kita bisa membukukan penjualan di atas Rp20 miliar, berarti penjualan online-nya lebih besar dari pada offline, dan konsepnya 20/80 dengan pembelinya dari delegasi, pengunjung, dan juga kita-kita di sini,” kata Sandiaga. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply