Publik Puas Kinerja Kepemimpinan Presiden Jokowi

November 24, 2022

BRIEF.ID – Mayoritas masyarakat Indonesia mengaku puas atas kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Berdasarkan hasil  survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA,  tingkat kepuasan publik  pada  kinerja Presiden Jokowi mencapai 74,2%.

“Publik puas pada kinerja Jokowi. Tingkat kepuasan terhadap Jokowi berada di angka 74,2%,” kata Peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kamis (24/11/2022) di Jakarta.

Ia memaparkan, publik selama ini juga menilai  ekonomi Indonesia memiliki daya tahan karena peran Presiden Jokowi,  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati,  dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Ketika ditanyakan siapa yang paling bertanggung jawab sekaligus berjasa atas daya tahan ekonomi Indonesia,  ia menjelaskan bahwa masyarakat menjawab Presiden Jokowi sebesar 30,4%, disusul   Airlangga  dengan 22,7%, dan posisi ketiga  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Lebih lanjut Adjie menyatakan, tingginya tingkat kepuasan publik pada Jokowi,  tidak mempengaruhi pilihan calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Hal ini disebabkan pilihan publik kepada calon pasangan capres nisbi otonom, tidak banyak dipengaruhi  endorsement dukungan tokoh manapun.

“Pilihan publik pada pasangan capres tak banyak dipengaruhi  Jokowi, yaitu  di bawah 2%. Bahkan, untuk  perpanjangan pemilu atau Jokowi 3 periode, walau mayoritas publik puas pada kinerja Jokowi, mayoritas publik menolak Jokowi 3 periode dan perpanjangan pemilu,” kata Adjie.

Survei yang dilakukan pada 10-19 Oktober 2022, menggunakan metodologi multistage random sampling.

Terdapat 1.200 responden yang diwawancara secara tatap muka menggunakan kuesioner dan margin of error dari survei ini sebesar ± 2,9%.

No Comments

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: