Presiden Jokowi Sampaikan Dukacita Mendalam Kepada Korban Gempa di Cianjur

November 22, 2022

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka cita mendalam atas peristiwa gempa bumi berkekuatan 5,6 magnitudo di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

Sampai saat ini,  tercatat sebanyak 162  orang meninggal dan ratusan lainnya mengalami luka-luka pada peristiwa itu.

“Pertama-tama atas nama pribadi, atas nama pemerintah saya menyampaikan duka cita yang mendalam, belasungkawa atas terjadinya musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur, provinsi Jawa Barat, “kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di lokasi bencana di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Selasa (22/11/2022) siang.

Presiden Jokowi mengatakan,  sudah memerintahkan   Menko PMK Muhadjir Effendy, Kepala BNPB  Letnan Jenderal Suharyanto, Kepala Basarnas  Kepala Basarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi, Panglima TNI Andhika Perkasa,  Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk   bersama-sama menggerakkan jajarannya  dalam membantu musibah gempa di Kabupaten Cianjur,  utamanya pembukaan akses yang terkena longsor.

Selain itu, kata Presiden Jokowi juga telah memerintahkan untuk mendahulukan pencarian dan evakuasi para  korban yang masih tertimbun.

“Saya sudah perintahkan itu didahulukan, evakuasinya, penyelamatannya didahulukan,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga memastikan akan membantu  rumah-rumah warga yang rusak berat, rusak sedang,  dan rusak ringan.

“Rumah yang rusak berat akan diberikan bantuan sebesar Rp 50 juta, rumah yang rusak sedang Rp 25juta,  dan yang rusak ringan diberikan bantuan sebesar Rp 10juta.  Tetapi yang penting adalah pembangunan rumah-rumah yang terkena gempa bumi ini diwajibkan untuk memakai  standar bangunan anti gempa oleh Menteri PUPR. Tadi dikatakan BMKG gempa ini adalah gempa 20 tahunan sehingga pembangunan rumahnya untuk rumah anti gempa,” kata Presiden Jokowi.

Ia juga memberikan apresiasi atas kerja cepat petugas di lapangan yang berhasil membuka akses jalan yang sempat tertimbun tanah longsor.

“Saya senang akses jalan yang kemarin tertimbun sudah bisa dibuka, alhamdulillah dan  akan dilanjutkan penyelamatan evakuasi untuk yang masih tertimbun,” kata Presiden Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply