Presiden Jokowi: Kerja Sama Indo-Pasifik Jadi Awal Proyek Asean-Kanada

November 13, 2022

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, kerja sama dalam konteks Indo- Pasifik menjadi salah satu kick off project  antara Asean-Kanada dalam menggalang kemitraan strategis.

Kepala Negara juga akan terus mendorong  peningkatan kemitraan strategis Asean – Kanada sehingga menghadirkan lebih banyak kerja sama konkret di masa datang.

“Kerja sama dalam konteks Indo-Pasifik dapat dijadikan salah satu kick-off project antara ASEAN dan Kanada,” kata Presiden Jokowi  saat berbicara pada KTT Peringatan Asean – Kanada di Hotel Sokha, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (12/11/2022).

KTT  dihadiri para pemimpin negara-negara Asean  dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Presiden Jokowi mengatakan, isu keamanan di kawasan Indo-Pasifik  sangat penting, selain  isu ekonomi, perdagangan, investasi, dan pembangunan.

“Asean Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) memiliki empat prioritas kerja sama yaitu konektivitas, maritim, pencapaian SDGs dan perdagangan investasi. Kanada dapat secara konkret menjadi mitra ASEAN dalam pelaksanaan AOIP,” kata dia. 

Disebutkan bahwa tahun depan, Indonesia akan menjadi Ketua Asean  dan  akan menyelenggarakan Indo-Pacific Infrastructure Forum. “Indonesia mengundang Kanada berpartisipasi dalam forum tersebut,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Joko Widodo berdiskusi dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto usai menghadiri KTT Asean-Kanada di Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (12/11/2022).

Presiden Jokowi juga menyampaikan, di tengah dunia yang sedang tidak kondusif ini, justru menjadi lebih penting untuk mengisinya dengan kerja sama konkret yang saling menguntungkan.

Hadir   mendampingi Presiden Jokowi dalam KTT Asean-AS, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian  Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

No Comments

    Leave a Reply