Presiden Jokowi Kecewa, Junta Militer Myanmar Melempem

November 11, 2022

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan kekecewaannya terhadap junta militer Myanmar yang dinilai tidak berbuat-apa alias melempem terkait pengimplementasian 5 Poin Konsensus (5 PC) sehingga situasi di negara itu makin buruk.

Kepala Negara kecewa karena junta militer Myanmar belum menunjukkan  adanya perkembangan signifikan atas implementasi  5 poin konsensus (5PC).

“Indonesia sangat kecewa dengan situasi Myanmar yang semakin buruk, tidak adanya progres yang signifikan dari implementasi 5PC sekaligus kita tidak melihat adanya komitmen dari junta militer untuk mengiplementasikannya,” ujar Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers  di sela penyelenggaraan KTT Asean Kamboja, Jumat (11/11/2022).

Ia mengatakan, Indonesia sebagai bagian dari negara-negara Asean memberikan perhatian khusus terhadap situasi di Myanmar yang semakin buruk. Situasi di Myanmar, lanjutnya, tidak boleh menganggu perjalanan dan kerja sama Asean.

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat memberikan keterangan pers mengenai sikap Indonesia terhadap Myanmar di Phnom Penh, Kamboja, Jumat (11/11/2022)

Negara-negara anggota Asean terdiri atas Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, Vietnam,  Brunei Darussalam, Laos, Myanmar,  dan Kamboja.

“Indonesia mempertegas posisinya untuk tidak memperbolehkan non-political representation dalam KTT Asean dan pertemuan tingkat menteri luar negeri. Indonesia juga mengusulkan hal serupa diberlakukan di luar pertemuan tingkat menteri luar negeri,” ujarnya.

Indonesia tetap berkomitmen akan terus memberikan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Myanmar. Indonesia juga mendorong Asean untuk segera melakukan engagement dengan seluruh stakeholders di Myanmar dan melakukan dialog.

“Indonesia juga menyerukan untuk segera menghentikan segala tindak kekerasan di Myanmar,” tegas Presiden Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply