Presiden Jokowi Bertemu PM Lee di Kamboja, Bahas Presidensi G20 Indonesia

November 10, 2022

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong di sela  penyelenggaraan KTT Asean di  Phnom Penh, Kamboja, Kamis (10/11/2022) malam.

Pada pertemuan yang digelar di Hotel Sofitel Phnom Penh, kedua pemimpin membahas tentang sejumlah isu penting, di antaranya dukungan Singapura atas Presidensi G20  Indonesia,  isu Myanmar, dan  rencana pertemuan leaders’ retreat tahun depan.

“Ada beberapa isu yang dibahas oleh Presiden Jokowi dan PM Lee yaitu soal G20, isu Myanmar dan rencana pertemuan leaders’ retreat tahun depan,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

Ia mengatakan, terkait  G20, Singapura menyampaikan dukungan penuh atas Presidensi G20 Indonesia. “PM Singapura kembali memberikan konfirmasi akan hadir sebagai salah satu undangan,” kata Menlu.

Mengenai isu Myanmar, lanjut Menlu, kedua pemimpin sama-sama menyampaikan kekecewaannya atas situasi di Myanmar saat ini.

“Kedua pemimpin menyampaikan kekecewaan terhadap tidak adanya komitmen junta militer Myanmar dalam mengimplementasikan 5-point consensus,” kata Menlu.

Terkait rencana leaders’ retreat tahun depan, baik Presiden Jokowi maupun PM Lee  sepakat akan melakukan leaders’ retreat tahun depan di kuartal pertama, dengan tuan rumah Singapura.

No Comments

    Leave a Reply