Presiden Jokowi Apresiasi Perlindungan Pekerja Migran di Hong Kong

November 18, 2022

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo mengapresiasi kebijakan pemerintah Hong Kong yang telah memberikan perlindungan kepada Warga Negara Indonesia (WNI), khususnya para pekerja migran di Hong Kong.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat melakukan pertemuan dengan Chief Executive Daerah Administrasi Khusus Hong Kong, John Lee di sela pertemuan pemimpin ekonomi APEC di Queen Sirikit National Convention Center, Bangkok, Thailand, Jumat (18/11/2022).

Pada  pertemuan itu, Presiden Jokowi membahas tiga isu utama,  yaitu kerja sama perdagangan, investasi, dan perlindungan WNI di Hong Kong.

“Saya melihat banyak potensi yang dapat digarap khususnya dengan Hong Kong untuk mewujudkan kerja sama perdagangan yang seimbang. Akses produk Indonesia dapat diperluas, termasuk perikanan, makanan olahan dan rempah-rempah,” kata Presiden Jokowi.

Ia  mengatakan,  Hong Kong, memiliki potensi sebagai entry point ekspor Indonesia ke Mainland Tiongkok.

Presiden Joko Widodo saat menggelar pertemuan dengan Chief Executive Daerah Administrasi Khusus Hong Kong, John Lee di sela pertemuan pemimpin ekonomi APEC di Queen Sirikit National Convention Center, Bangkok, Thailand, Jumat (18/11/2022).

Di bidang investasi, Presiden Jokowi mengundang para investor Hong Kong, sebagai salah satu sumber investasi terbesar Indonesia untuk dapat mendukung pembangunan IKN sebagai Green City.

“Investor Hong Kong dapat turut mengembangkan infrastruktur, transportasi, green energy, transformasi digital dan value added industries,” kata Presiden Jokowi.

Terkait isu perlindungan WNI di Hong Kong, Presiden Jokowi sampaikan apresiasinya atas bantuan dan fasilitas kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hong Kong, terutama selama pandemi Covid-19.

Sementara itu,  Chief Executive Hong Kong John Lee mengucapkan selamat atas kesuksesan Indonesia dalam G20 yang mendapat sambutan baik dunia. Selain itu Hong Kong juga akan berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama dengan Indonesia.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan itu,  Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

No Comments

    Leave a Reply