Presiden Jokowi Anugerahi Gelar Pahlawan Nasional Kepada Lima Tokoh

November 7, 2022

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh dari berbagai daerah yang telah berjasa bagi bangsa dan negara. Penyerahan penghargaan yang dilakukan dalam rangka Hari Pahlawan tahun 2022 tersebut digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (7/11/2022).

“Hari ini pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada tokoh-tokoh yang telah memberikan kontribusi besar kepada bangsa dan negara,” ujar Presiden Jokowi.

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 96/TK/Tahun 2022 yang ditetapkan pada tanggal 3 November 2022, kelima tokoh yang diberikan gelar pahlawan nasional kepada:

  1. Almarhum Dr  dr  HR Soeharto dari Provinsi Jawa Tengah;
  2. Almarhum KGPAA Paku Alam VIII dari Daerah Istimewa Yogyakarta.
  3. Almarhum dr R Rubini Natawisastra dari Provinsi Kalimantan Barat.
  4. Almarhum H  Salahuddin bin Talabuddin dari Provinsi Maluku Utara.
  5. Almarhum KH Ahmad Sanusi dari Provinsi Jawa Barat.

Upacara penganugerahan  dihadiri   ahli waris dari para tokoh yang sekaligus mewakili  penerima gelar dan penghargaan. Di akhir upacara, Presiden Jokowi  memberikan ucapan selamat kepada para undangan terbatas dan ahli waris penerima gelar pahlawan nasional.

Hadir pada kesempatan itu,  antara lain Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sosial Tri Rismaharini, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

No Comments

    Leave a Reply