Menpora: Transformasi PSSI Dipandu Langsung FIFA

November 21, 2022

BRIEF. ID – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan,  proses transformasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berada di bawah pengawasan  federasi sepak bola internasional, FIFA.

“Transformas PSSI dipandu langsung oleh FIFA,” kata Menpora di Malang, Jawa Timur, Senin (21/11/2022).

Ia mengatakan,  FIFA secara langsung memberikan panduan kepada PSSI untuk bertransformasi pasca  tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. Hasil dari transformasi PSSI,  nantinya akan  terlihat pada pelaksanaan kompetisi.

PSSI akan menggelar  Kongres Luar Biasa (KLB) pada Maret 2022 untuk memilih ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota Komite Eksekutif (Exco). Pemerintah, lanjutnya,  tidak akan mengintervensi  pelaksanaan KLB PSSI, sebab  pelaksanaan KLB  akan berjalan sesuai  statuta FIFA.

“Mereka akan berjalan sendiri. Pemerintah tidak akan masuk ke situ. Tidak akan intervensi,” ujarnya.

Ia menambahkan, sejalan dengan transformasi di tubuh PSSI, pemerintah melalui Kemenpora juga akan mengatur  keselamatan para suporter, yang merupakan rekomendasi dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF).

“Dalam hal keselamatan para suporter, pemerintah akan menggandeng PSSI yang nantinya akan berkoordinasi dengan klub-klub di Indonesia. Dan, sesuai  undang-undang, pembinaan suporter, mereka juga harus terorganisasi. Harus punya AD/ART, keanggotaan,  dan lain sebagainya. Itu yang sedang kita dorong, bersama Federasi, kita tidak bisa sendiri,” ujarnya.

Sebelumnya, PSSI melaporkan kepada FIFA penyelenggaraan KLB untuk memilih ketua umum, wakil ketua umum,  dan anggota Komite Eksekutif (Exco),  pada 18 Maret 2023. Laporan itu dituangkan pada surat bernomor 4452/ULN/537/X-2022 yang ditandatangani Sekjen PSSI.

Sebelum pelaksanaan KLB, PSSI juga  memberitahukan kepada FIFA bahwa akan diselenggarakan  kongres untuk menetapkan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) pada 7 Januari 2023. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply