Luhut: Jangan Diajari, Indonesia Sangat Peduli pada Perubahan Iklim

November 12, 2022

BRIEF.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan Indonesia sangat peduli pada isu-isu perubahan iklim dan  serius dalam pembuatan kebijakan.

“Kami sangat care pada climate change. Jadi, tidak perlu diajari  oleh negara lain,” kata Luhut di sela acara Net Zero Summit 2022,  yang merupakan rangkaian kegiatan Business 20 (B20) Summit 2022, di Nusa Dua, Bali, Jumat (11/11/2022).

Luhut menyatakan,  para pengambil kebijakan di Indonesia tidak ada yang menginginkan adanya kebijakan yang salah terkait isu perubahan iklim, yang dapat berdampak buruk kepada generasi mendatang.

“Jadi, semua policy dibuat betul-betul,  dihitung dengan cermat. Saya pribadi tidak mau cucu saya dan generasinya menjadi rusak gara-gara kami buat policy yang salah,” kata Luhut.

Dikatakan, negara lain boleh saja memberikan saran terkait perubahan iklim asalkan tidak mengganggu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu,  segala pinjaman atau investasi ekonomi hijau yang diberikan negara lain kepada Indonesia harus dengan suku bunga yang sama seperti investasi ke negara maju.

“Kalau  interest rate seperti negara berkembang, apa poinnya untuk kami,” kata Luhut.

No Comments

    Leave a Reply