Kunjungi Lokasi Gempa di Cianjur, Presiden Jokowi Pastikan Distribusi Bantuan Berjalan Baik

November 24, 2022

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi salah satu lokasi yang terdampak gempa di Jalan Raya Cugenang Kilometer 8  Cijedil, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar), Kamis (24/11/2022).

Pagi hari ini,  saya kembali ke Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat   setelah dua hari yang lalu,  pada hari Selasa (22/11/2022) juga ke sini,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan, kedatangannya untuk  memastikan proses evakuasi berjalan dengan baik, sebab masih  ada 39 anggota masyarakat yang belum ditemukan sehingga  proses evakuasi menjadi prioritas.

“Kita konsentrasi dan siang ini,  kita akan konsentrasi di titik ini untuk evakuasi,” kata dia.

Selain itu,  Presiden Jokowi  juga ingin memastikan logistik  di lapangan  seperti makanan, obat-obatan, air bersih, dan tenda  terdistribusi dengan baik.

“Tadi juga ada keluhan air air bersih, karena memang ini titiknya  banyak, sehingga butuh waktu untuk mendistribusikan. Saya ingin pastikan itu semuanya segera terdistribusi,” jelas Presiden Jokowi.

Di sisi lain, Presiden Jokowi mengatakan bahwa kondisi lapangan yang curam ditambah curah hujan yang tinggi   dan  adanya gempa susulan menjadi  faktor belum ditemukannya 39 warga  yang hilang.

“Karena kondisi curam, masih hujan dan  adanya gempa susulan, tanahnya labil  sehingga perlu kehati-hatian. Tapi tadi Menteri PUPR sudah memerintahkan kepada jajarannya yang sudah terbiasa melakukan cut and fill sehingga bisa semuanya dikerjakan. Saya belum ke lapangan nanti setelah saya selesai baru, ini nanti akan kita sampaikan evaluasi kepada seluruh jajaran,” kata Presiden Jokowi.  

No Comments

    Leave a Reply