Hari Ini, Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Sanur di Bali

November 9, 2022

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan beroperasinya Pelabuhan Sanur di Bali, Rabu (9/11/2022), sekitar pukul 15.00 WITA.

Selain Pelabuhan Sanur, Kepala Negara juga akan meresmikan Gedung VVIP Room Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Pelabuhan Sanur yang dibangun bernuansa kearifan lokal mulai Desember 2020, melibatkan arsitek asal Bali, Popo Danes. Bangunan terminal Pelabuhan Sanur didesain menyerupai kapal Cadik atau kapal tradisional.

Proyek ini dilaksanakan dalam periode tahun anggaran jamak 2020-2022, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp 398 miliar.

Pada 22 September 2022 telah dilakukan uji coba sandar sejumlah kapal di dermaga apung Pelabuhan Sanur, yang membawa 45 orang wisatawan ke Pulau Nusa Penida.

Pada saat bersamaan, Kementerian Perhubungan juga membangun pelabuhan di dua lokasi lainnya, yakni di Nusa Penida dan Nusa Ceningan.

“Kita bangun segitiga emas Sanur, Nusa Penida dan Nusa Ceningan yang pulaunya indah sekali. Dulu tidak ada dermaganya, sekarang kita bangun dengan kualitas yang baik dan memenuhi aspek keselamatan,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

No Comments

    Leave a Reply