Wapres Optimistis Indonesia Jadi Pusat Fesyen Muslim Dunia

October 20, 2022

BRIEF,ID – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin optimistis  Indonesia akan menjadi pusat fesyen muslim dunia seiring meningkatnya  ekspor fesyen muslim, yang mencapai  12,5% atau senilai US$ 4,6 miliar pada 2021.

“Saya rasa tidak berlebihan jika kita bercita-cita menjadikan Jakarta dan kota lain di Indonesia sebagai Muslim Fashion Capital dunia,” kata Wapres pada pembukaan  Jakarta Muslim Fashion Festival 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE)- BSD, Tangerang, Kamis (20/10/2022).

Pada acara yagng berlansung 20-22 Oktober 2022, Wapres menyatakan bahwa industri fesyen muslim  di berbagai negara memiliki prospek  cerah, dimana pada tahun 2016-2017, pengeluaran perempuan muslim global untuk fesyen mencapai US$ 44 miliar. Jumlah itu diperkirakan meningkat menjadi  US$ 311 miliar pada 2024 mendatang.

Di Indonesia, industri fesyen muslim menunjukkan perkembangan  signifikan, yaitu   tumbuh 18,2 % dengan total konsumsi mencapai Rp 300 triliun.  

“Sudah sewajarnya kita memiliki visi menjadi pusat fesyen muslim global. Apalagi populasi muslim dunia akan terus bertumbuh,” kata dia.

Disebutkan,   ajang Jakarta Muslim Fashion Week 2023 merupakan salah satu langkah besar dalam memajukan industri fesyen muslim Indonesia.

“Saya mengapresiasi gerak cepat Bapak dan Ibu sekalian untuk merebut peluang dan kesempatan, sekaligus mempersiapkan masa depan bangsa Indonesia sebagai pusat halal dunia,” puji Wapres.

Pada kesempatan itu,  Wapres menuturkan bahwa Indonesia kaya akan wastra nusantara yang menjadi modal bangsa dan sudah selayaknya dilestarikan dan menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.

“Seluruh modal yang kita miliki  harus dioptimalkan untuk memajukan dunia fesyen muslim Indonesia yang menuntut kreativitas, inovasi, kolaborasi, dan strategi yang disusun berdasarkan riset dan pengetahuan,” kata Wapres.

No Comments

    Leave a Reply