Wapres: Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Instrumen Penting Pekerja

October 27, 2022

BRIEF.ID – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyatakan, perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan instrumen sangat  penting bagi para pekerja.

Selain dapat memberikan rasa aman saat bekerja, perlindungan ini juga  berfungsi sebagai salah satu strategi pencegahan kemiskinan.

“Pemerintah pusat, pemerintah daerah hingga pemerintah tingkat desa menyalurkan perlindungan ini sebagai strategi jaring pengaman sosial pencegahan kemiskinan,” kata Wapres pada Pencanangan Gerakan Nasional Perlindungan Pekerja Rentan dan Penyerahan Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan “Paritrana Award 2021” di Istana Wapres,  Jakarta, Kamis (27/10/2022).

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyerahkan penghargaan Paritrana Award 2021 kepada Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sulawesi Utara Erny Bayangkarita Tumundo di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (27/10/2022)

Wapres mengungkapkan, sebagai strategi  pencegahan kemiskinan,  perlindungan ini akan memberikan rasa aman, baik untuk pekerja dan keluarganya disaat menghadapi peristiwa tidak terduga.

“Bagi keluarga pekerja, juga memberikan kepastian keberlangsungan ekonomi apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” kata Wapres.

Pada kesempatan itu,  Wapres  menyatakan  bahwa Jaminan Sosial Ketenagakerjaan sebelumnya  identik dengan pekerja formal dan pekerja informal belum tersentuh. Saat ini, lanjutnya, Jaminan Sosial Ketenagakerjaan telah  menjangkau 1,8 juta orang pekerja rentan melalui pemerintah daerah dan badan usaha.

“Kita melihat, masih banyak pekerja rentan yang belum dilindungi serta membutuhkan rasa aman dan tenang saat bekerja. Oleh karena itu, Perlindungan Pekerja Rentan diberikan kepada petani, nelayan, pekebun, peternak, guru ngaji, petugas keagamaan, dan pedagang kaki lima,” kata Wapres.  

No Comments

    Leave a Reply