Presiden Jokowi Sambut PM Palestina Mohammad Shtayyeh di Istana Bogor

October 24, 2022

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Palestina (PM) Mohammad Shtayyeh  di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (24/10/2022). Ini adalah kunjungan pertama PM Shtayyeh  setelah dilantik sebagai kepala pemerintahan otoritas nasional Palestina, pada tahun 2019. 

Sesuai tradisi yang dibangun Presiden Jokowi, kedatangan PM Shtayyeh  disambut pasukan, yang terdiri atas pasukan berkuda, pasukan yang mengenakan pakaian tradisional Indonesia, dan korps musik di pintu gerbang Istana Kepresidenan Bogor.

Sementara itu, Presiden Jokowi yang mengenakan stelan jas warna biru gelap  didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi   menunggu tamu negara itu di depan Istana Kepresidenan Bogor.

Kedua pemimpin langsung bersalaman akrab dan selanjutnya, Presiden Jokowi selaku tuan rumah mengajak tamunya untuk mengikuti upacara penghormatan kenegaraan di Halaman Depan Istana Kepresidenan Bogor. Tembakan kehormatan 21 kali juga dilakukan pasukan.

Pada saat digelar upacara penyambutan,  diperdengarkan lagu kebangsaan Palestina “Fada’i”  dan lagu kebangsaan Republik Indonesia “Indonesia Raya.”

Setelah itu, Presiden Jokowi mengajak PM Shtayyeh  untuk melakukan inspeksi pasukan dan selanjutnya memperkenalkan jajaran pejabat tinggi negara  yang mendampinginya.

Tampak Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan  Kepala BPOM Penny Lukito.

Setelah saling memperkenalkan jajaran pejabat pendamping, Presiden Jokowi mengajak tamunya menuju Ruang Teratai di Istana Kepresidenan Bogor, untuk melakukan sesi foto bersama dan menandatangani Buku Tamu.

Selanjutnya,  Presiden Jokowi bersama  tamunya menuju veranda Istana Bogor untuk melakukan perbincangan singkat. Setelah itu, kedua pemimpin  berjalan menuju halaman belakang Istana  Bogor untuk  melakukan penanaman pohon di halaman Istana Kepresidenan Bogor.

Setelah itu, digelar pertemuan bilateral antara delegasi Indonesia yang dipimpin Presiden Jokowi dan delegasi Palestina. Kedua pemimpin juga akan menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman, yang dilakukan pejabat kedua negara.

No Comments

    Leave a Reply