Pemimpin Sayap Kanan Italia, Giorgia Meloni Jadi PM Italia Perempuan Pertama

October 22, 2022

BRIEF.ID – Pemimpin sayap kanan Italia, Georgia Meloni  dilantik  sebagai perdana menteri (PM) perempuan pertama Italia.   Meloni yang lahir di Roma, Italia pada 15 Januari 1977 menerima mandat  membentuk pemerintahan dari Presiden Italia Sergio Mattarella,  di Istana Kepresidenan Quirinale, pada Jumat sore waktu setempat.

Mandat membentuk kabinet itu diperoleh Meloni,   kurang dari sebulan setelah kemenangannya pada pemilihan umum,  yang diselenggarakan  lebih awal,  pada 25 September 2022.

Sekretaris Jenderal Kepresidenan Republik Italia Ugo Zampetti mengatakan, kabinet baru Meloni yang terdiri atas  22 menteri, akan dilantik pada Sabtu (22/10/2022).

Pemerintah baru yang akan dilantik terdiri atas  koalisi partai Brothers of Italy, partai Liga Salvini, dan partai Forza Italia, yang dipimpin  mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi.

Meloni terjun ke arena  politik Italia sejak  tahun 2006. Pada tahun 2012, ia ikut mendirikan Brothers of Italy, sebuah partai yang agendanya berakar pada Euroskeptisisme dan kebijakan anti-imigrasi.

Popularitas kelompok itu melonjak menjelang pemilihan September 2022, karena mayoritas pemilih Italia  menolak politik arus utama dan memilih tokoh pinggiran.

Selain itu, Meloni juga mengumumkan pilihan pemerintahnya di Istana Quirinal Roma dan menunjuk pemimpin partai Liga ultra kanan Italia, Matteo Salvini sebagai menteri infrastruktur.

Giancarlo Giorgetti, juga dari partai Liga, diangkat menjadi menteri ekonomi. Antonio Tajani dari partai Forza Italia diberi posisi menteri luar negeri, dan peran menteri pertahanan diberikan kepada Guido Crosetto, salah satu pendiri partai Brothers of Italy.

No Comments

    Leave a Reply