Pelaku Pasar Modal Puji Kinerja BUMN, Erick: Terima Kasih Apresiasinya

October 27, 2022

BRIEF.ID – Kalangan pelaku dan analis pasar modal memuji kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang  dinilai berkontribusi positif bagi perkembangan pasar modal di Indonesia.

BRIEF.ID – Kalangan pelaku dan analis pasar modal memuji kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang  dinilai berkontribusi positif bagi perkembangan pasar modal di Indonesia.

Menteri BUMN Erick Thohir berterima kasih atas apresiasi yang diberikan pelaku dan analis pasar modal atas kinerja BUMN selama ini. Erick mensyukuri kinerja positif BUMN di pasar modal. Seperti diberitakan,  tiga dari lima emiten terbesar nasional di pasar modal adalah BUMN, yakni BRI, Telkom Indonesia, dan Mandiri. Total terdapat 36 BUMN dan Entitas BUMN dalam Pasar Modal Indonesia.

“Peran BUMN di bursa baik. BUMN menyumbang sumbangsihnya 23% dari bursa. Artinya,  kinerja BUMN dengan transformasi yang sudah didorong, apa itu lewat perbaikan dari manajemen atau adaptasi business model itu menjadi kekuatan,” ujar Erick dalam keterangannya kepada media, Kamis (27/10/2022).

Ia mengatakan,  BUMN dan pasar modal sama-sama saling mendukung dalam perbaikan dan penguatan kinerja ekonomi secara umum. BUMN, lanjutnya, tidak sendiri namun dengan pihak swasta membentuk ekosistem yang berkolaborasi dengan sehat.

Di sisi lain keberadaan pasar modal sebagai pengawas bagi kinerja masing-masing BUMN. “Sama dengan keberadaan BUMN di bursa itu mendorong perbaikan ekosistem di bursa. Bursa semakin tumbuh, perusahaan sehat, dan BUMN diuntungkan dengan adanya check and balance karena dipantau secara publik. Jadi terbuka. Karena kita mau mendorong BUMN yang sehat,” ujar Erick.

Erick mengatakan, kinerja baik dari BUMN yang mampu berkontribusi secara signifikan terhadap pasar tak terlepas transformasi BUMN. “Secara menyeluruh, transformasi BUMN melalui lima pilar utama dan core value AKHLAK telah membuahkan hasil yang juga ditunjukkan dari peningkatan kinerja keuangan,” ujar Erick.

Hal ini dapat dilihat dari Pendapatan Konsolidasian BUMN yang meningkat, dari Rp1.929 Triliun (2020) menjadi Rp2.292 Triliun (2021). Selain itu,  Laba Konsolidasian BUMN yang meningkat, dari Rp13 Triliun (2020) menjadi Rp125 Triliun (2021).

Transformasi BUMN  mendapatkan apresiasi pasar. Dengan Total Shareholder Return Emiten BUMN memberikan performa yang lebih baik. Sejumlah Emiten BUMN menunjukkan pertumbuhan market cap yang cemerlang, seperti BSI, Antam, Bukit Asam, dan BRI.

“BUMN juga dapat memberikan return di atas kinerja pasar secara jangka panjang. Ke depan, untuk menopang pengembangan Ekonomi Indonesia 2045, terdapat 4 sektor unggulan yang menjadi fokus kami di BUMN, yaitu: Hilirisasi Sumber Daya Alam (SDA); Ekonomi Digital; Ketahanan Pangan, dan; Ekonomi Kreatif,” ujar Erick.

Erick berharap Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI), Certified Securities Analyst (CSA) Community, beserta seluruh stakeholders dapat senantiasa produktif dan menyediakan analisis terbaik yang dapat mendorong kemajuan serta kemampuan masyarakat dalam berinvestasi.

“Apresiasi yang sebesarnya bagi CSA Awards, yang konsisten menjalankan program edukasi, sosialisasi, serta literasi investasi di pasar modal, kepada masyarakat Indonesia. Juga terima kasih atas perhatiannya terhadap kinerja dan pencapaian kinerja emiten-emiten BUMN, terutama selama masa dan pasca-mengarungi pandemi Covid-19,” kata Erick.

No Comments

    Leave a Reply