Ingat ya…! Pandemi Covid-19 Masih Berlangsung

October 27, 2022

BRIEF.ID – Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) pandemi Covid-19 masih berlangsung menyusul ditemukannya banyak infeksi di berbagai negara, termasuk Indonesia.

“Hingga saat ini status pandemi  Covid-19 dinyatakan masih terus berlangsung oleh Organisasi Kesehatan Dunia,” kata Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, dr  Reisa Broto Asmoro saat memberikan keterangan pers di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/10/2022).

Reisa mengatakan, dalam beberapa waktu belakangan ini terdapat 24 negara yang kini mengalami kenaikan jumlah kasus positif Covid-19. Hal ini, lanjut Reisa, didominasi lonjakan  kasus positif varian terbaru  XBB atau BA.2.10, yang merupakan mutasi dari subvarian BA.2 Omicron. Varian ini pertama kali diidentifikasi pada bulan Agustus 2022.

“Dan,  merupakan salah satu dari beberapa subvarian utama yang telah berevolusi dari varian dasar Omicron. Seperti kita ketahui bersama,  virus Corona ini cenderung terus bermutasi.  Negara kita sudah pernah mengalami lonjakan kasus setelah munculnya varian Alpha, Delta, dan Omicron. Salah satu dari beberapa subvarian utama  telah berevolusi dari varian dasar Omicron,” kata dia.

No Comments

    Leave a Reply