Capres Pilihan Jokowi, Siapa?

October 22, 2022

Banyak yang bertanya-tanya, siapakah yang bakal menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk masa pemerintahan 2024-2029?

Penyelenggaraan Pilpres masih lama, yakni pada tahun 2024 mendatang. Tapi, publik tidak sabar lagi menanti, siapa yang akan menjadi calon presiden (capres) pilihan Jokowi? Yang pasti, Jokowi menghendaki penggantinya adalah figur yang memiliki leadership kuat, nasionalis, dan pekerja keras.

Ada yang menyebut, Airlangga Hartarto, Puan Maharani, Prabowo Subianto hingga Anies Baswedan. Namun, dari sejumlah nama itu, banyak yang menduga bahwa pilihan Jokowi akan mengarah pada Gubernur Jawa Timur Ganjar Pranowo.

Nah, baik Jokowi maupun Ganjar sama-sama kader PDI Perjuangan. Ganjar yang dikenal tegas dan merakyat, disebut-sebut bakal menjadi capres pilihan Jokowi. Kabarnya, Ganjar diharapkan untuk menyelesaikan pekerjaan rumah yang menanti, seperti pertumbuhan ekonomi, pembangunan infrastruktur, pemberantasan radikalisme, dan intoleransi.

Harus diakui, Jokowi memiliki kedekatan dengan Ganjar. Sebagai sesama politisi asal Jawa Tengah, Jokowi dan Ganjar kerap berjalan beriringan.

Saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, awal Oktober lalu terlihat jelas keakraban mereka. Tanpa ragu, Jokowi mengajak Ganjar untuk naik mobil RI-1. Jokowi yang sudah duduk di dalam mobil RI-1 tiba-tiba memanggil Ganjar untuk menemaninya.

Apalagi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan bahwa partainya akan mengikuti arahan Jokowi.

Apapun kondisinya, Jokowi tak ingin menghalangi siapa pun berpendapat. Bursa calon presiden, seperti tahun-tahun sebelumnya, tentu akan semakin diwarnai persaingan yang semakin memanas.

No Comments

    Leave a Reply