32 Emiten Raih Penghargaan CSA Awards 2022

October 27, 2022

BRIEF.ID – Sebanyak 32 dari 800 emiten yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) meraih penghargaan CSA Awards 2022. Dari jumlah 32 penerima 8 di antaranya adalah perusahaan plat merah dan  24 lainnya merupakan emiten swasta.

Penyerahan penghargaan kepada 8 Badan Usaha Milik Negera (BUMN)  diserahkan  Menteri BUMN  Erick Thohir, pada  acara CSA Awards  2022 di Menara 165 Jakarta, Kamis (27/10/2022).

Ketua Panitia Pelaksana CSA Awards 2022 Haryajid Ramelan mengatakan, ajang penghargaan bergengsi dari para analis adalah  yang keempat, sejak pertama diadakan pada  2017.

“Akibat pandemi Covid 19, dua tahun acara ini terhenti. Tahun ini kita adakan dalam bentuk rangkaian kegiatan CSA Awards,” ujar Haryajid.  

Disebutkan,  kegiatan bertema “Building an Adaptive Capital Market Industry in the Post Pandemic Digital Era”  juga diisi dengan  CSA Research Competition, Unboxing Emiten, CSA Awards,  dan puncak acara Capital Market Outlook 2023.

 “Selain penghargaan untuk emiten, ada kompetisi riset untuk mahasiswa dan umum, unboxing emiten yang telah berjalan sejak Juli dan ditutup dengan Capital Market Outlook akhir tahun ini,” jelas dia.

Sementara itu,  Roy Sembel  selaku Ketua Tim Juri menyatakan pemberian penghargaan kepada emiten  dilakukan melalui proses penilaian panjang, baik dari segi kuantitatif maupun kualitatif.

“Kami telah memulai proses ini sejak Juli 2022, hingga minggu lalu, baru semua tim juri memutuskan  emiten mana yang terbaik bagi seluruh stakeholder,” ungkap Roy.

Disebutkan,  dari  800 emiten tim juri telah memilih  129 emiten yang termasuk nominasi penilaian. Selanjutnya, dari  129 nominator,  dipilah berdasarkan 11 sektor dan dibagi menjadi  dua kategori emiten, yaitu kategori emiten yang memiliki nilai kapitalisasi pasar Big Caps dan kategori emiten yang memiliki nilai kapitalisasi pasar non big caps.

Setelah diberikan nilai kuantitatif dan kualitatiif, terpilih sebanyak 30 emiten berhak meraih Best Awards berdasarkan sektor dan saham favorit pilihan analis. 

Sebanyak 3 emiten memperoleh penghargaan Best of The Best Awards CSA 2022, yaitu PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM),  PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR), dan  PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

No Comments

    Leave a Reply