Wapres Harapkan Produk UMKM Halal Kian Dikenal di Pasar Global

January 28, 2022

Banten, 27 Januari 2022— Saat ini perkembangan konektivitas digital semakin memberi peluang bagi pelaku UMKM untuk mempromosikan produk-produknya pada etalase digital, seperti marketplace maupun media sosial. Untuk itu, berbagai peluang ini harus dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja ekspor produk UMKM, seperti melalui digitalisasi pengelolaan dan pemasaran produk halal hingga mampu menembus persaingan pasar global.

“Saya berharap hadirnya ekosistem Global Halal Hub ini menjadi awalan yang baik untuk mensinergikan berbagai pihak dan membawa semakin banyak produk halal maupun UMKM halal Indonesia ke pasar global,” ujar Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin ketika mencanangkan Ekosistem Global Halal Hub (GHH) sebagai Gerakan Nasional Sinergitas Menuju Indonesia Pusat Produsen Produk Halal Dunia 2024, di Great Western Resort, Tangerang, Banten, Kamis (27/01/2022).

Dalam acara yang diinisiasi Platform Digital Ekspor (PDEkspor) dan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) tersebut, lebih jauh Wapres menekankan, strategi pengembangan ekosistem Global Halal Hub harus mencakup seluruh aspek penting, seperti kualitas, kuantitas dan kontinuitas produk, hingga pemasaran digital.

“Kita berharap produk-produk UMKM halal nasional akan semakin dikenal dan mudah diperoleh masyarakat internasional,” tuturnya.

Menurut Wapres, ekosistem GHH mampu mensinergikan stakeholders untuk membawa produk halal dan UMKM halal Indonesia ke pasar global dengan mengintegrasikan berbagai platforn, mulai dari kurasi produk, pelatihan dan pendampingan, monitoring program, pembiayaan, branding dan packaging, legalitas dan sertifikasi, serta pemasaran, baik lokal maupun global.

Ia pun mengapresiasi inisiatif PDEkspor bersama KNEKS serta para pemangku kepentingan terkait yang telah bekerjasama untuk mendukung para pelaku UMKM bersaing di pasar global.

“Saya mengapresiasi kolaborasi yang telah dibangun untuk menjembatani UMKM agar produk-produknya dapat masuk dan bersaing dalam ekosistem halal global,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PDEkspor melaporkan bahwa dalam menjalankan programnya, GHH selalu berpedoman kepada Masterplan Ekonomi Syariah 2019-2024 dimana terdapat beberapa strategi dan quick wins di bidang pengembangan produk halal melalui pemberdayaan UMKM dan ekonomi digital.

“Secara khusus saat ini kami juga sedang menjalankan pilot project rumah packaging di Sidoarjo bersama Badan Wakaf MUI, Bank Indonesia dan KNEKS sebagai bentuk gerak cepat kami dalam hal pengembangan ekspor produk halal yang menjadi salah satu strategi di Masterplan Ekonomi Syariah 2019-2024,” lapornya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Gubernur Banten Wahidin Halim, dan Walikota Tangerang Arief Wismansyah.

Sementara Wapres didampingi oleh Plt. Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, serta Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Lukmanul Hakim dan Bambang Widianto.

No Comments

    Leave a Reply