News

Sambut Kurikulum Prototipe 2022, Pahamify Gelar Webinar Bersama Kemendikbud Ristek RI

January 9, 2022

Bogor, 9 Januari 2022 – Dalam rangka mendorong pemulihan pembelajaran di masa pandemi COVID-19, Pemerintah akan melakukan revitalisasi pendidikan Nasional. Hal ini  salah satunya diwujudnyatakan melalui pemberian opsi penerapan Kurikulum Prototipe pada Tahun Ajaran 2022. PT Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) menyambut baik upaya Pemerintah dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, Pahamify turut mendukung wacana ini melalui penyelenggaraan webinar bersama narasumber dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI untuk membahas tuntas Kurikulum Prototipe 2022.

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbud Ristek RI Dr. Yogi Anggraena, M.Si. hadir secara virtual sebagai narasumber pada Jumat (7/1). Webinar Pahamify yang mengangkat tema “Paradigma dan Implementasi Kurikulum Prototipe 2022 untuk SMA Sederajat” ini diikuti secara antusias oleh lebih dari 400 audiens yang terdiri dari guru SMA sederajat yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kurikulum Prototipe 2022 melanjutkan arah pengembangan kurikulum sebelumnya yang dirancang untuk mengembangkan murid secara holistik; berbasis kompetensi yang ingin dikembangkan dan bukan berdasarkan konten atau materi; serta dirancang sesuai konteks dan terpersonalisasi sesuai kebutuhan murid,” urai Yogi.

Pembelajaran yang dijalankan pada Kurikulum Prototipe 2022 akan berbasis proyek untuk pengembangan soft skills dan karakter siswa. Kurikulum ini juga akan berfokus pada materi esensial sehingga ada waktu yang cukup untuk pembelajaran mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi. Kurikulum Prototipe memberikan fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan murid dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

Sebagai informasi, program peminatan/penjurusan nantinya tidak diberlakukan. Di kelas XI dan XII, siswa mengikuti mata pelajaran dari Kelompok Mata Pelajaran Wajib, dan memilih mata pelajaran dari kelompok MIPA, IPS, Bahasa, dan Keterampilan Vokasi sesuai minat, bakat, dan aspirasinya.

Chief Executive Officer (CEO) Pahamify Syarif Rousyan Fikri mengatakan, “Kami menyambut baik kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI dalam menerapkan Kurikulum Prototipe 2022. Kurikulum ini tentunya akan semakin mendorong semangat merdeka belajar siswa. Sebagai platform belajar digital, Pahamify juga akan terus berinovasi untuk memberikan pengalaman belajar yang terbaik sehingga siswa mampu meningkatkan prestasi akademiknya.” Webinar bersama Kemendikbud Ristek RI ini merupakan kegiatan dari Teacher Community Pahamify untuk memberikan nilai tambah bagi pendidikan di Indonesia.