Presiden Jokowi Terima Kunjungan Kehormatan Sekretaris Dewan Keamanan Rusia

December 13, 2021

Jakarta, 13 Desember 2021 – Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia, Nikolay P. Patrushev, di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 13 Desember 2021. Dalam pertemuan tersebut, Presiden Joko Widodo antara lain menyampaikan prioritas Indonesia dalam presidensi G20.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangannya di Kantor Presiden, Jakarta, mengatakan bahwa sebelum menerima kunjungan kehormatan tersebut, Presiden juga menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Anthony J. Blinken.

“Presiden juga menerima kunjungan kehormatan Sekretaris Nikolay Patrushev. Presiden kembali menyampaikan prioritas Indonesia di dalam keketuaannya di G20 dan mengharapkan dukungan Rusia,” ujar Menlu Retno.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga menyampaikan bahwa di tahun 2023 Indonesia akan memegang keketuaan ASEAN. Untuk itu, Presiden Jokowi mengharapkan kerja sama dengan Rusia selama keketuaan Indonesia di ASEAN.

Presiden Jokowi juga menyambut baik penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU kerja sama bidang keamanan informasi internasional antara Indonesia dan Rusia yang akan dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Mahfud Md., dan Sekretaris Patrushev besok.

“Sekretaris Patrushev akan melakukan konsultasi bilateral bidang keamanan dengan Menkopolhukam dan ini merupakan konsultasi yang keenam kalinya,” tambah Menlu.

Di akhir keterangannya, Menlu Retno mengatakan bahwa Rusia adalah mitra baik Indonesia. Indonesia akan terus mengembangkan strategic trust dengan semua negara dan semua mitra Indonesia.

“Strategic trust ini sangat penting sebagai fondasi untuk membangun sebuah kerja sama yang saling menguntungkan dan saling menghormati. Strategic trust ini juga diperlukan untuk membangun dunia yang damai, stabil, dan sejahtera dan Indonesia memiliki komitmen yang sangat tinggi untuk berkontribusi menciptakan dunia yang damai stabil dan sejahtera,” tandasnya.

Turut mendampingi Presiden saat menerima kunjungan kehormatan Sekretaris Patrushev yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Mahfud Md., Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

No Comments

    Leave a Reply