News

Islamic Finance Summit 2021, Perkuat Literasi Ekonomi Syariah & Industri Halal

October 2, 2021


Yogyakarta, 30 September 2021–Sebagai bagian dari literasi ekonomi syariah dan upaya mendukung pengembangan industri halal nasional, Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (PP MES) beserta Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) juga Majalah Infobank menggelar acara Islamic Finance Summit 2021.

Sekretaris Jenderal PP MES Iggi H. Achsien mengatakan acara yang mengangkat tema ‘Driving The Growth of The Halal Industry in The New Normal Economy’ tersebut diselenggarakan mengingat pentingnya literasi ekonomi syariah dan besarnya peluang ekonomi di industri halal di Tanah Air.

“Pesan utamanya yang perlu kita perkuat adalah mari ikhtiar yang kita lakukan bahwa masyarakat muslim terbesar Indonesia juga memberi kontribusi yang jauh lebih besar. Jauh lebih signifikan kepada bangsa dan negara untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ujarnya dalam keynote speech mewakili Ketua Umum MES, Erick Thohir pada pembukaan Islamic Finance Summit 2021.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komunikasi Publik PP MES Neneng Herbawati mengamini Iggi. Menurutnya, untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan kerjasama dan dukungan langsung dari berbagai pemangku kepentingan.

“Oleh karena itu kami selalu terbuka bekerjasama dengan siapa pun untuk berkolaborasi memperkuat ekonomi syariah di tengah-tengah masyarakat. Karena sejatinya penguatan ekosistem ekonomi syariah tidak bisa berjalan sendiri-sendiri,” ujar Neneng menegaskan.

Dengan demikian, lanjut Neneng, ekonomi syariah tak sekadar menjadi identitas bagi komunitas muslim. Namun juga menjadi salah satu penopang kekuatan ekonomi nasional yang dibangun secara menyeluruh dari masyarakat bawah hingga pemerintah.

Acara ini pun diharapkan dapat mendorong penguatan SDM, governance, dan risk cmanagement untuk dapat merebut peluang ekonomi di era digitalisasi.Untuk itu, dalam acara Islamic Finance Summit 2021 ini, PP MES menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) bersama dengan pengurus KNEKS dan Majalah Infobank.

Terkait penandatanganan MoU tersebut, Iggi menegaskan tujuannya sebagai komitmen ketiga pihak untuk melakukan upaya pengembangan ekonomi syariah, melalui pemberian penghargaan kepada pihak-pihak yang berperan penting di bidang ekonomi dan keuangan syariah.

Juga untuk memberikan arah dan panduan bagi ketiga entitas dalam melakukan upaya pengembangan ekonomi syariah, melalui pemberian penghargaan kepada pihak-pihak yang berperan dan berjasa di bidang ekonomi syariah dan keuangan syariah secara intensif dan berkelanjutan.

“Kami telah melaporkan penyelenggaraan dan MoU ini kepada Wapres Ma’ruf Amin, penghargaan yang diberikan Infobank, MES dan KNEKS diamanatkan dapat diberikan pada 22 Oktober 2021 bertepatan dengan Hari Santri Nasional. Masih ada waktu 1 bulan untuk mempersiapkan”, lanjut Iggi menegaskan.

Dalam acara ini dilakukan pula peluncuran Wakaf Tunai, penyerahan simbolis sumbangan Rp10.000.000 yang dipersembahkan oleh Infobank dan Komite Komunikasi Publik MES untuk Wakaf Tunai MES Yogyakarta serta penyerahan santunan anak yatim.

Dalam acara yang dihelat di Hotel Royal Ambarrukmo tersebut, Ketua Umum MES Erick Thohir diwakili oleh Sekretaris Jenderal PP MES Iggi H. Achsien menjadi keynote speaker. Sementara itu Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin yang juga selaku Pembina MES dan Ketua Harian KNEKS memberikan special remarks. Adapun welcome speech  diberikan oleh Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah KNEKS Sutan Emir Hidayat.

Dalam Islamic Finance Summit 2021 juga digelar seminar seminar  bertema “Islamic The Growth of The Halal Industry in the New Normal Economy: Penguatan SDM, Governance, dan Risk Management di Lembaga Keuangan Syariah untuk Merebut Peluang.

Sejumlah pembicara yang dihadirkan yakni Deputi Gubernur BI Sugeng, Deputi Komisioner Pengawas Perbankan I OJK Teguh Supangkat, Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi, Direktur Utama BRI Danareksa Sekuritas Friderica Widyasari, serta Direktur Industri Produk Halal KNEKS Afdhal Aliasar.