Mulai dari Satu Pekerja, UKM Ini Kini Raih Omzet 1,6 Miliar per Tahun

March 1, 2021

Jakarta, 28 Februari 2021 – Pandemi Covid-19 memang berdampak besar pada sektor perekonomian terutama bagi industri kecil. PT Pertamina (Persero) melalui Program Kemitraan berusaha untuk terus mendukung UMK binaan agar dapat kembali bangkit. Yakni dengan berbagai program UMK naik kelas dan mendukung hingga usaha kecil tersebut bisa mendunia.

Salah satu usaha kecil binaan Pertamina yang turut mendapat imbas tersebut adalah Erwin Ariadi. Pemilik UMK Saqilla Design yang bergerak dibidang fashion ini harus memutar otak agar usahanya dapat terus bertahan. “Kami berpikir bagaimana caranya ikut mencegah penyebaran virus tapi usaha saya dapat terus berjalan. Buat masker solusinya,” ujar dia.

Dengan kreativitas yang dimiliki, Erwin tidak hanya menghasilkan masker yang sesuai aturan, namun dengan tampilan yang menarik. Yakni masker yang dipadukan dengan motif kain jumputan khas Palembang. Tak ayal, permintaan masker kain produknya pun lambat laun makin bertambah. “Kami pernah mendapatkan pesanan masker sebanyak 10 ribu, dan bahkan hingga 20 ribu potong masker kain,” imbuhnya. Hal ini membuat usahanya pun kembali bangkit dan seketika menjadi UMKM naik kelas.

Beberapa karyawannya kini bisa kembali bekerja. Dia menyebutkan, saat ini ada sembilan karyawan yang berposisi sebagai penjahit masker. Jika memang ada kelebihan permintaan, Erwin memutuskan untuk menjalin kerja sama kemitraan dengan pengusaha penjahit lain yang kebetulan sedang lowong.

Hal ini pun membawa efek domino di mana ia dapat menyelamatkan usahanya sendiri dan ikut membantu orang lain. Sebagai bentuk implementasi ESG dibidang sosial dan SDGs poin ke-8 yakni menyediakan pekerjaan yang layak dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

Sejak bergabung menjadi mitra binaan Pertamina pada 2018 silam, banyak perubahan yang ia rasakan. Seperti adanya penambahan karyawan yang semula hanya 1 orang, hingga omzet yang naik menjadi Rp 80 juta perbulannya. Untuk pemasaran, Erwin mengandalkan penjualan butik di Jalan Merdeka No. 3C Palembang. Serta pemasaran secara digital melalui website https://saqilla.business.site/.

Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto menambahkan, Pertamina mengapresiasi langkah kreatif yang dilakukan Erwin. Menurutnya, Pertamina akan terus mendukung dan membina UMK tersebut hingga terus naik kelas. “Pertamina akan membantu hingga produk budaya bangsa ini bisa go internasional dan dikenal masyarakat dunia, melalui pameran dan upaya penjualan ke luar negeri atau ekspor,” tutupnya.

No Comments

    Leave a Reply