News

BI Turunkan Lagi Bunga Acuan Jadi 4 Persen

July 16, 2020

Jakarta – Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 15-16 Juli 2020 memutuskan untuk menurunkan bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps menjadi 4 persen.

Demikian hasil RDG yang disampaikan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo di kanal Youtube Resmi Bank Indonesia, Kamis (16/7).

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan keputusan tersebut konsisten dengan upaya menjaga stabilitas perekonomian dan mendorong pemulihan ekonomi di era Covid-19.

“Keputusan tersebut juga sebagai penguatan bauran kebijakan dengan tetap menjaga terkendalinya inflasi dan nilai tukar,” ujar Perry.

Sejalan dengan keputusan itu, RDG BI juga memutuskan untuk menurunkan suku bunga deposit facility sebesar 25 bps menjadi 3,25 persen, dan suku bunga lending facility sebesar menjadi 4,75 persen.

Untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta pemulihan ekonomi nasional, Perry melanjutkan BI akan memperkuat bauran kebijakan dan bersinergi erat mengambil langkah-langkah kebijakan lanjutan, secara terkoordinasi dengan Pemerintah dan KSSK.